Gunung Prau 2.565 Mdpl via Patak Banteng. Indah dan Cocok untuk Pemula - Sweeper Backpacker -->

Thursday, February 20, 2020

Gunung Prau 2.565 Mdpl via Patak Banteng. Indah dan Cocok untuk Pemula

Puncak Gunung Prau


Gunung Prau adalah sebuah gunung yang terletak di provinsi Jawa Tengah, letaknya berada antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.565mdpl. Walaupun tergolong gunung yang lebih pendek diantara Gunung-Gunung lainnya di Jawa Tengah, akan tetapi Gunung Prau ini mempunyai keindahan alam yang sangat indah.
Karna populer dengan keindahan yang ia miliki menjadikan Gunung Prau ini tujuan favorit bagi para Pendaki, tidak heran setiap akhir pekan tiba Gunung ini akan sangat ramai dikunjungi oleh pendaki-pendaki yang ingin menikmati indahnya Gunung Prau.

GUNUNG PRAU VIA PATAK BANTENG :

Jalur Patak Banteng ini memiliki trek yang didominasi tanah berkerikil dan akar yang melebar dengan vegetasi yang cukup terjal sehingga akan lumayan menyulitkan pendaki, tapi jangan khawatir karna Gunung Prau ini termasuk Gunung yang cocok untuk yang baru ingin mencoba naik gunung, karna tidak menghabiskan waktu yang cukup lama untuk sampai ke Puncaknya.

BASECAMP PATAK BANTENG :


Sesampainya di Basecamp kita juga diwajibkan untuk mendaftarkan diri, serta melengkapi administrasi Pendakian, di Basecamp Prau banyak tersedia warung yang menjajakan makanan, cemilan, kopi serta aksesoris seperti stiker,kaos dll

MEMULAI PENDAKIAN :

BASECAMP – POS I (30 menit)


Dari basecamp, untuk memulai Pendakian kita harus melewati perkampungan warga terlebih dahulu. Lepas dari perkampungan sekitar 500 meter sampai 1 kilometer, Pendaki memasuki kawasan Persawahan warga.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menggunakan tangga berwarna yang disusun rapih oleh Basecamp.
Pemandangan nya berupa sawah ladang milik masyarakat yang cukup memanjakan mata. Perjalanan 30 menit sampai Pos 2

POS I KE POS II (30 menit)


Pos I ini berupa shelter kecil dan juga tersedia beberapa penjual yang menjajakan makanan dan cemilan untuk perjalan

Jalan menuju Pos 2 masih didominasi tanah dan batu, Pemandangan nya masih berupa persawahan warga dan jaraknya tidak jauh berbeda dengan Pos I

POS II KE POS III (60 menit)


Di sini terdapat lahan lapang kecil, cukup untuk mendirikan 2 tenda saja. Di pos ini juga pendaki mulai memasuki hutan Gunung Prau. Hutan lebat dengan dominasi pohon cemara dan Pinus

Menuju pos III perjalanan mulai sedikit menanjak, dan dari sini juga perjalanan akan semakin menantang karena jalur yang sedikit terjal dan mulai menanjak. Membutuhkan waktu sekitar 30 – 60 menit berjalan untuk menuju Pos III

POS III MENUJU BUKIT TELETUBBIES ( 1 jam )


Pos III ini berupa lahan kecil sebelah kanan, muat untuk 2 tenda. Di pos ini juga hanya berupa hutan saja, tidak ada pemandangan lain selain bukit dan hutan hijau.

Dari pos III menuju Bukit Teletubis jalur menjadi terjal dan menanjak, pendaki harus berhati-hati karena tidak terdapat pegangan di sekitar jalur. Menuju Bukit Teletubbies menghabiskan waktu kurang-lebih 1 jam Perjalanan.

BUKIT TELETUBBIES KE PUNCAK GUNUNG PRAU (10menit)

Di bukit teletubis, pemandangan sangat indah. Bukit teletubis ini berupa gundukan bukit, lahan yang luas dan sebagai camping ground para pendaki. Di bukit ini juga para pendaki biasanya memilih lahan untuk mendirikan tenda.

Tidak jauh dari bukit, puncak sudah terlihat. Berjalanlah ke arah kiri, menaiki bukit, disitu terdapat puncak Gunung Prau. Ditandai dengan plat kecil bertuliskan “Puncak 2565”. Perjalanan menuju Puncak Hanya membutuhkan waktu berjalan sekitar ±5 menit saja.

PUNCAK PRAU

Dari puncak Gunung Prau pendaki dapat menikmati pemandangan serba cantik di antaranya hamparan keindahan bukit teletubbies dan bunga yang sangat menawan. Tak hanya itu, kita juga dapat menyaksikan keindahan jajaran Gunung Sumbing, Sindoro, Merapi, Merbabu, dan Slamet. Puncak Gunung Prau sering dijadikan tempat untuk hunting spot Golden Sunrise yang terbukti spektakuler.

ESTIMASI PRAU VIA PATAK BANTENG :

- Basecamp – Pos I : 15 – 30 menit

- Pos I – Pos II : 15 – 30 menit

- Pos II – Pos III : 30 – 60 menit

- Pos III – Bukit Teletubbies : 30 – 60 menit

- Bukit Teletubbies – Puncak Prau : ±10 menit

Total pendakian Gunung Prau via Patak Banteng cukup memakan waktu kurang-lebih 2 – 4 jam tergantung kecepatan dan kondisi fisik setiap orang dan tergantung cuaca.

TIPS PENDAKIAN VIA PATAK BANTENG :

- Jika ingin berlama-lama di Gunung mulailah pendakian dari pagi hari

- Pada hari weekend biasanya Prau sangat ramai sampai-sampai terjadi macet di jalur, jadi mulailah pendakian lebih awal agar sedikit terhindar.

- Gunakan pakaian dan aksesoris yang hangat karena Prau termasuk Gunung yang memiliki suhu rendah

- Tidak membawa barang yang dilarang oleh peraturan Basecamp, karena biasanya akan ada pemeriksaan.

- Gunakan akar-akar di jalur untuk membantu pendakian

- Cek Informasi apa saja yang tidak boleh dibawa ke Gunung Prau, karna cukup banyak larangannya.

Catatan :

Harap ikuti larangan-larangan yang dikeluarkan oleh pihak Basecamp, karna kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi di Perjalanan, Peraturan di Prau dibuat untuk kebaikan bersama.

Sekian Estimasi Perjalanan Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng yang paling populer dikalangan Pendaki ini sekaligus Tips Perjalanan Gunung Prau

Terima Kasih. SEMOGA BERMANFAAT

Bagikan artikel ini

3 comments

  1. Kira2 jalurnya buat pemula aman kan?solnya baru mau coba naik gunung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat Aman. saya rekomendasikan banget Gunung Prau ini, karna pendakian cukup kurang-lebih 2-3 jam saja plus bonus yang memang pemandangan-nya sangat bagus diatas. yang penting safety, dan jaga kebersihan.

      Delete