Curug Muara Herang. Rekreasi Wisata yang cocok untuk Liburan Keluarga - Sweeper Backpacker -->

Monday, March 23, 2020

Curug Muara Herang. Rekreasi Wisata yang cocok untuk Liburan Keluarga

Curug Muara Herang
Curug Muara Herang adalah salah satu Curug yang terletak tidak jauh dari Jakarta, jaraknya kurang-lebih 70 kilometer dari ibukota, Curug ini memiliki keindahan yang sangat mempesona terlebih jika untuk seseorang yang gemar berburu foto bagus, meskipun tidak se populer Curug Seribu menurut saya Curug ini lebih indah dan bagus di bandingkan Curug Seribu dan menjadi Wisata yang cocok untuk Keluarga ataupun Komunitas

Curug Muara Herang terletak di Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat Indonesia. Curug Muara Herang ini masih termasuk di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Salak Endah Bogor. jadi jika kalian berkunjung ke Wisata TNGSE masih banyak tempat-tempat Destinasi Wisata keren lain tentunya, seperti Curug Seribu, Curug Pangeran, dan tersedia juga Camping Ground bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu berlibur di sana.


Menuju Curug Muara Herang kita bisa menggukan kendaraan Pribadi ataupun umum seperti Kereta dan di lanjutkan dengan menggunakan Angkot.

Kalau kalian memilih menggunakan Kendaraan Pribadi kalian bisa langsung menuju Pintu Masuk Wisata Taman Nasional Gunung Salak Endah Bogor, dengan Catatan : 
  1. Jika menggunakan Motor. sehabis pintu masuk Wisata Salak Endah kalian bisa lanjut sampai Pos ke 2 Tiket Masuk Curug Muara.
  2. Jika menggunakan kendaraan Mobil kalian bisa Parkir di dalam kawasan Taman Wisata Salak Endah nya, disana banyak tersedia lahan parkir yang telah di sediakan.
Nah kalau kalian ingin mengunakan Kereta, Kalian bisa memilih Kereta Jurusan Stasiun Bogor, Lalu di lanjutkan menggunakan Carter Angkutan Umum menuju Pintu masuk Taman Wisata Salak Endah Bogor, Perjalanan dari Stasiun Bogor masih lumayan jauh kurang-lebih 35 kilometer dari Stasiun, dan untuk Biaya Angkotnya kurang-lebih 350-500ribu/Angkot jadi usahakan Carter Angkot dengan beberapa orang agar biayanya lebih ringan.

Sesampai nya di Pintu masuk Wisata Salak Endah Bogor kita di haruskan membayar Administrasi untuk Biaya masuk Wisata, Biaya bisa di hitung Perkendaraan dan Perorangan.
  1. Kalau kalian menggunakan Motor biaya masuknya adalah Rp.15.000-,/Motor
  2. Jika kalian menggunakan Mobil Biayanya kurang-lebih Rp.20-25ribu/Mobil
  3. dan Biaya Masuk Wisata untuk Satu Orangnya  adalah Rp.10.000-,
Jadi jika kalian Menggunakan Kendaraan Bermotor kalian diharuskan Membayar Rp. 35.000-, untuk 1 Motor 2 Orang. jika menggunakan Mobil tinggal di hitung saja berapa banyak orang di Mobil lalu di tambahkan Biaya masuk untuk Mobil. namun jika menggunakan Angkutan Umum tergantung kesepakatan Supir dan kalian tentunya siapa yang akan membayar biaya masuk kawasan untuk kendaraan. untuk biaya masuk Wisatanya tetap saja perorang dikenakan Rp.10.000-.untuk masuk.

Perjalanan dilanjutkan menuju Curug Muara Herang, dari Pintu masuk Wisata terdapat jalan bercabang ketika melintasi Area Kawasan Wisata, Berbelok ke kanan adalah jalan menuju Curug Seribu lalu untuk menuju Curug Muara Herang kalian harus berbelok ke arah Kiri jalan.
Sesampainya di Pos masuk Curug Muara kita diharus kan membayar lagi Rp.10.000-, untuk Tiket dan Fasilitas yang ada di sana. Kok bayar lagi? Tenang, Harga yang di bayarkan memang sesuai kok untuk Fasilitas di Curug Muara ini, karna tersedia beberapa tempat peristirahatan, Tempat Sholat, dan ada fasilitas Toilet juga di sini, jalan menuju Curug Muara juga sudah tersusun batu yang sangat bagus dan pastinya aman untuk di lalui.

Bedanya Curug Seribu dan Curug Muara adalah jalan menuju Curugnya lebih bagus ke Curug Muara karena bebatuan sudah tersusun rapi dan tidak terlalu banyak tanjakan curamnya. Sedangkan Curug Seribu masih benar-benar banyakan tanjakan curam dan jalanan yang sempit. Mungkin karena belum seluruh jalanannya yang di renovasi. Beda halnya dengan Curug Muara yang memang masih bisa dilalui oleh anak kecil dan memang menjadi Wisata yang cocok untuk Keluarga.

Di Pos masuk Tiket Curug ini juga tersedia berbagai warung yang menyediakan makanan seperti Indomie, Nasi, Kopi dan beberapa cemilan lainnya. Sebenarnya di Area masuk Tiket Curug ini tidak hanya untuk Curug Muara saja, masih ada Curug lain yang tidak kalah indah seperti Curug Seribu dan beberapa Curug lainnya. Namun kali ini saya hanya membahas Curug Muara Herang karna memang Fasilitas dan Keamanan nya sangat cocok untuk liburan keluarga.
Di pertenganahan jalan kalian akan menemukan Gapura seperti di Foto, ambil jalan lurus karna kita akan menuju ke Muara Herang
Hanya beberapa saat berjalan kalian akan sampai pada Kawasan Curug Muara Herang, di sini adalah tempat terbaginya beberapa Curug di Kawasan Muara Herang dan di sini terdapat tempat fasilitas seperti Tempat Sholat, Toilet dan Camping Ground serta beberapa warung yang menyediakan makanan.
Tempat Sholat
Mck Kawasan Muara Herang

Di Area Curug Muara terdapat beberapa Spot keren yang wajib di Kunjungi, tempat ini berupa kawasan yang terbagi beberapa tempat, seperti Air terjun yang memiliki Air tawar bening dan bersih yang terpisah dengan Aliran air belerang berwarna Biru. akan tetapi di tempat ini masih dalam satu Kawasan Curug Muara Herang tentunya.

Menuju Curug Muara kita akan melalui jalan Berbatu yang sudah di sediakan, kontur jalan masih sedikit naik dan turun, namun tidak terlalu curam. tidak lama berjalan kita akan mendengar suara air terjun, tanda bahwa Curug sudah dekat ! Perjalanan selanjutnya sedikit menyusuri pinggir aliran Curug, di sini kalian sudah bisa merasakan keidahan air bening dan bersih dengan dasar batu yang sedikit kemerahan.



Di jalan menuju Curug juga tersedia beberapa tempat Peristirahatan berupa Saung untuk sekedar duduk atau berteduh saat hujan


Berjalan sedikit, tibalah kita di Curug Muara Herang, Curug dengan air biru ke hijauan dan batu batu berwarna coklat kemerahan yang sangat indah mempesona, ditambah suasana hutan hijau dan suara gemericik Air Terjun semakin membuat Curug Muara ini terasa nyaman dan asri dengan kesejukan area Pegunungan.


Curug Muara Herang ini memiliki air yang sangat sejuk, bersih dan mempesona, di sini kita bebas bermain air dan berenang tetapi tetap menjaga kebersihan dan kemanan ya.
Menurut informasi Air yang terdapat pada Curug Muara adalah Air dari aliran Kawah Ratu yang ada di Kawasan Gunung Salak, tidak heran air Curug ini masih mengandung Air Belerang, hal ini juga yang mengakibatkan Batu-batu yang ada di Air ini menjadi berwarna coklat kemerahan. akan tetapi Air ini aman untuk Mandi ataupun Berenang para Wisatawan Indonesia, dan meskipun air ini berasal dari aliran Belerang namun Air di Curug Muara Herang ini samasekali tidak Berbau seperti Belerang dan Aman untuk Berwisata.

Curug ini memang terasa sangat Spesial, dengan kedalaman tengah sekitar 2 meter atau bisa lebih, Penyedia kawasan menyediakan Jasa Sewa berupa Ban untuk membantu berenang dan mengambang, biayanya pun cukup terjangkau Rp.5000ribu/ban untuk satu orang.

Jika kalian membawa anak kecil dan takut dengan bahaya karna air pada bagian tengah cukup dalam, kalian bisa mangajaknya bermain air di bagian pinggir atau depan Curug tepat di aliran air dari Curug Muara sendiri, karna pada bagian aliran Air Curug tinggi Airnya hanya sekitar se mata kaki sampai se lutut orang dewasa saja, Semakin ke tengah semakin dalam airnya, kedalaman juga bisa di ukur dengan melihat warna air, Semakin gelap warna air biasanya semakin dalam tempat itu, jangan lupa untuk selalu mengawasi dan mendampingi jika membawa anak kecil ya.

Nah itulah Informasi Mengenai Curug Muara Herang, Jika kalian berniat untuk mengunjungi Spot-Spot keren lainnya seperti Air Terjun Curug Muara yang memiliki air tawar kalian bisa kembali ke Area Pos utama Curug Muara Herang dan memilih jembatan yang terbuat dari Bambu untuk menuju ke sana, jika kalian bingung kalian bisa mengikuti arahan plang yang ada di sana, atau bisa bertanya kepada warung-warung.


Rangkuman Harga masuk Taman WIsata Salak Endah Bogor :

1. Harga masuk kawasan Tiket Wisata Rp.10.000/orang

2. Harga Masuk kawasan Wisata untuk kendaraan Bermotor Rp.15.000/motor

3. Harga Masuk kawasan Wisata untuk kendaraan Bemobil Rp. 20.000-25.000/mobil

Rangkuman Harga masuk Curug Muara Herang :

1. Biaya Rp.10.000/orang untuk Fasilitas yang ada di Kawasan Curug.

2. Harga penyewaan untuk Ban Rp.5000/orang.

Demikian itulah Informasi mengenai Curug Muara Herang yang terdapat di daerah Bogor, tepatnya di dalam Kawasan Wisata Taman Nasional Gunung Salak Endah Bogor, yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. namun jika kalian berniat berlibur kesana tetap jaga kebersihan dan keamanan di manapun berapa ya.

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda