Pendakian Gunung Sumbing via Garung 3.371 Mdpl. Informasi Rute & Waktu - Sweeper Backpacker -->

Wednesday, February 19, 2020

Pendakian Gunung Sumbing via Garung 3.371 Mdpl. Informasi Rute & Waktu


Gunung Sumbing adalah gunung api yang terdapat di Jawa Tengah, Indonesia., gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Gunung ini secara administratif terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang; Kabupaten Temanggung; dan Kabupaten Wonosobo. Wikipedia

Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.371 Mdpl,
Gunung ini sangat terkenal di pulau Jawa, dikenal bukan tanpa alasan melainkan Gunung ini memiliki keindahan yang populer dikalangan Pendaki. Gunung ini juga dijuluki Triple S yaitu, Sindoro, Sumbing dan Gunung Slamet. Dan tidak lupa juga Gunung ini juga mempunyai mitos-mitos melegenda yang dipercaya sampai sekarang, terlepas dari itu Sumbing sendiri terkenal dengan jalur nya yang sulit dan sangat menantang sehingga para Traveler Indonesia tertantang untuk mencobanya.

PENDAKIAN GUNUNG SUMBING VIA GARUNG

BASECAMP GARUNG


Menuju Basecamp Garung kita harus sedikit berjalan naik, berbeda dengan Basecamp Sindoro yang berada di sebrang jalan raya. Di Base Garung kita bisa menemukan warung yang menjual makanan, dan aneka souvenir, seperti gantungan, kaos, emblem dan sticker. kita juga diwajibkan untuk mendaftarkan diri, dan Serta melengkapi administrasi Pendakian.

Di Basecamp Garung kita bisa istirahat, entah itu makan, mandi atau juga tidur, karna Basecamp Garung ini cukup nyaman untuk mempersiapkan Pendakian.

Catatan :
Jalur Garung memiliki dua pilihan yakni jalur lama dan jalur baru. Namun untuk jalur lama kurang direkomendasikan

MEMULAI PENDAKIAN

BASECAMP – Pos I (±1,5jam)/jalan kaki – with ojek (15 menit)

Dari Basecamp kita akan berjalan melewati sedikit Pemukiman warga, kemudian masuk ke perkebunan. Setelah itu kita akan berjalan di jalan yang sudah dibikin rapih berpetak seperti tangga sampai pada Pos 1.
Catatan : untuk meminimalisir waktu dan stamina disarankan menggunakan jasa ojek yang sudah tersedia di Basecamp.

Pos I – Pos II ( 1,5 jam)


Dari Pos 1 ke Pos 2 jalurnya cukup panjang. Kita akan sedikit masuk ke dalam hutan dengan trek yang sudah mulai naik.
Di Pos 2 ini kita bisa mendirikan tenda. Namun lokasinya cukup terbatas dan tidak cukup luas. Tapi jika pagi hari dari sini kita bisa melihat Keindahan Gunung Sindoro. Perjalanan ke Pos 2 ini ±90 menit

Pos II – Pos III ( 1,5 jam )

Perjalanan ke Pos 3 jalur semakin menanjak, disarankan pendaki agar lebih hati-hati terlebih jika kondisi hujan karna sangat licin dan sangat berbahaya, pemandangan nya masih didominasi pohon-pohon hijau dikiri kanan jalan.
Tanjatan ke Pos 3 adalah tanjakan yang paling curam sebelum sampai lokasi tempat membuka tenda. Jalur menuju Pos 3 masih didominasi tanah dan bebatuan licin dan memakan waktu ±90 menit.

Pos III – PESTAN (20 menit)
Hanya butuh waktu sebentar menuju Pestan. Pestan adalah jalur bertemunya jalur Garung lama dengan Garung baru.
Pestan sendiri adalah tempat yang paling ideal untuk camp atau membuka tenda, dengan kontur tanah yang luas rata-rata Pendaki memilih tempat ini sebagai peristirahatan sebelum summits.

PESTAN – WATU KOTAK (2 jam)

Dari Pestan kita akan melalui jalur ekstrim gunung Sumbing. Treknya berupa tanah miring berdebu jika musim panas, dan sangat berbahaya ketika hujan. Setelah itu kita akan sampai pada batu besar menumpuk “Pasar Watu”.
Pada jalur tersebut full bebatuan semua dan ekstrim. Dan selanjutnya sampailah kita kepada “Watu Kotak” perjalanan memakan waktu ±2 jam.

WATU KOTAK – PUNCAK BUNTU (2 jam)
Dari watu kotak ke puncak Gunung Sumbing masih didominasi batu-batu besar, sebelum puncak buntu ada pertigaan dimana jika lurus ke Puncak buntu jika ke kanan ke Puncak kawah dan Puncak Sejati.

PUNCAK BUNTU

Meski Puncaknya ada tiga, banyak pendaki yang memilih sampai di Puncak Buntu saja, darisini memang sudah terlihat megahnya keindahan Sumbing serta lautan awan yang pasti memanjakan mata kalian.

PUNCAK KAWAH

Puncak kawah lebih tinggi dari Puncak Buntu, meskipun begitu untuk ke puncak kawah harus melipir tebing kecil yang lumayan ekstrem, sedangkan untuk ke Puncak Rajawali harus turun dari Puncak kawah lalu menanjak lagi ke Puncak Rajawali dengan kemiringan curam.

GUNUNG SUMBING via GARUNG :

BASECAMP – Pos I Malim (1 jam)


Pos I – Pos II ( 1,5 jam )

Pos II – III ( 1,5 jam )

Pos III – PESTAN (1.5 – 2 jam)

PESTAN – WATU KOTAK (1,5 jam)

WATU KOTAK – PUNCAK BUNTU/KAWAH (2 jam)

Total Perjalanan menghabiskan waktu 9-10 jam sampai Puncak.

NB: Estimasi waktu pendakian tergantung pada kondisi fisik, kondisi mental, jumlah rombongan, kondisi cuaca, berapa lama berhenti untuk selfie & banyaknya waktu istirahat untuk sebat.

JALUR PENDAKIAN :

Jalur Garung
Jalur Cepit Parakan
Jalur Bowongso
Jalur Mangli
Jalur Kaliangkrik
Jalur Banaran

TIPS PENDAKIAN GUNUNG SUMBING :
- Membawa air yang cukup karna tidak ada mata air

- Untuk menghemat tenaga dan waktu disarankan menggunakan ojek sampai Pos I

- Tidak recommended memakai sandal

- Berhati-hati saat tanjakan terakhir menuju Pos 3, karna sangat licin dan curam ketika musim hujan

- Tempat camp ideal adalah Pestan

- Summits dimulai dari jam 03 : 00

NB: Estimasi waktu pendakian tergantung pada kondisi fisik, kondisi mental, jumlah rombongan, kondisi cuaca, berapa lama berhenti untuk selfie & banyaknya waktu istirahat untuk sebat.

Semoga bermanfaat. Terimakasih

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda