Pendakian Gunung Sindoro via Kledung. Informasi Rute, Waktu dan Tips Perjalanan - Sweeper Backpacker -->

Tuesday, February 18, 2020

Pendakian Gunung Sindoro via Kledung. Informasi Rute, Waktu dan Tips Perjalanan

Batu tatah Gunung Sindoro


Gunung Sindoro adalah nama lain dari Sindara atau Sundoro, memiliki ketinggian 3153 mdpl, terletak di antara kabupaten Wonosobo dan kabupaten Temanggung – Jawa Tengah.

Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung yang ramai dikunjungi di Jawa Tengah. Letaknya bersebelahan dengan Gunung Sumbing yang kerapkali disebut sebagai Gunung Kembar. Sindoro ini memiliki keunikan dari puncak gunung lainnya, yaitu memiliki puncak yang sangat luas dibandingkan gunung-gunung lainnya

Catatan : Perlu diketahui.. sindoro ini mempunyai trek dengan medan tanah berdebu(ketika kemarau) batu dan sedikit berpasir dengan vegetasi yang cukup terjal.

GUNUNG SINDORO VIA KLEDUNG :

BASECAMP KLEDUNG

Basecamp Kledung terletak di desa Tamanggung hanya 30 menit dari Terminal Wonosobo dan terletak disebrang jalan raya.

Sesampainya di Basecamp kita juga diwajibkan untuk mendaftarkan diri, dan menyerahkan satu KTP untuk perwakilan rombongan. Serta melengkapi administrasi Pendakian

Pelayanan yang sangat baik dan fasilitas yang cukup membuat basecamp Sindoro ini bisa dibilang nyaman, cocok untuk istirahat dan mandi, tidur, dll.

START PENDAKIAN :
Dari BASECAMP ke POS 1½

Perjalanan dimulai dari basecamp menuju Pos I½ waktu tempuhnya ± 60 menit - 90 menit dengan berjalan kaki. Pemandangan nya masih perkebunan warga setempat dan jalan masih didominasi batu-batuan.

sebenarnya jalan menuju pos I tidak terlalu curam, namun jalurmya cukup jauh. Kita diharuskan melewati perkampungan warga terlebih dahulu dan perkebunan, barulah kita akan sampai di gerbang pendakian Gunung Sindoro.

POS 1½ KE POS II (1 JAM)

Di Pos 1½ terdapat warung yang menjual makanan seperti gorengan, kopi, sovenir dan stiker. Cocok untuk menemani istirahat.

Jalan menuju Pos II masih didominasi tanah padat yang tidak terlalu curam, masih ada bonus juga, tingkat kemiringan masih tergolong standar, di musim kemarau seperti ini jalan menjadi licin dan sangat berdebu. Ke Pos II memakan waktu kurang-lebih 30 menit – 60 menit.


POS II KE POS III (2 JAM)

Di Pos II masih terdapat warung yang menyediakan makanan, areanya lumayan luas dan mampu menampung 4 – 5 tenda.

Jalur menuju Pos III masih banyak tanah dan bebatuan, di arah pos III ini jalur sudah mulai menanjak dengan Pemandangan pohon dikanan kiri jalan, sekitar ± 120 menit berjalan vegetasi mulai terbuka, tanda bila Pos III sudah dekat.

Catatan :
Sebelum sampai di Pos III kita akan melewati area yang bernama Batu Langko, area yang cukup untuk 2-3 tenda saja.

POS III MENUJU SUNRISE CAMP ( 30menit)

Area di Pos III ini lumayan luas, tersedia juga shelter dan warung. Dari Pos III ini juga terlihat jelas Gunung Sumbing yang tampak gagah dari kejauhan.

Perjalanan dilanjutkan menuju Sunrise Camp, dari Pos III kita hanya menghabiskan waktu ± 30 menit untuk sampai di Sunrise Camp dengan medan yang cukup terjal.

SUNRISE CAMP KE BATU TATAH ( 2–3 jam)

Sunrise Camp ini tempat favorit para Pendaki dan paling ideal untuk bermalam. selain area nya yang luas, tempat ini juga mempunyai pemandangan yang sangat memanjakan mata kalian.

Menuju Pos 4 jalannya langsung menanjak berbatu tiada henti, perjalanan begitu melelahkan. Menuju Pos IV membutuhkan waktu ± 120 menit–180 menit tergantung kecepatan masing-masing orang.

BATU TATAH MENUJU PUNCAK SINDORO ( 1–2 jam)

Pos 4 atau Batu Tatah merupakan area dengan tumpukan batu yang cukup tinggi. Banyak pendaki yang menikmati sunrise di sini sebelum menjangkau puncak.

Tanjakan menuju puncak sangat menantang, dan terasa sangat melelahkan. Beberapa kali pendaki kelelahan dan beristirahat.

Dari pos 4 kita akan menemukan banyak bebatuan terjal dengan sedikit tanah berdebu.

Menjangkau batas Vegetasi dengan jalur berkerikil, kurang-lebih 90–120 menit berjalan akhirnya kita akan tiba di Puncak Gunung Sindoro.

PUNCAK SINDORO

Puncak Sindoro ditandai dengan beberapa tulisan dan tugu yang terpasang. Di puncak, selain berfoto-foto, kita bisa melihat kawah Sindoro yang sedang mengeluarkan gas belerang. Pemandangan utamanya tetap Gunung Sumbing yang sudah berdiri dari Pos 3 itu. Sindoro memiliki Pemandangan yang sangat Indah yang sangat Memanjakan mata kita.

Catatan : Di Puncak Sindoro ini tidak disarankan melewati jam 11 siang, karena ketika siang hari angin akan berhembus ke timus dan membawa bau belerang yang sangat menyengat.

GUNUNG SINDORO VIA KLEDUNG :

Basecamp – Pos I          : ± 15 menit dengan ojek/±1,5 jam dengan jalan kaki

Pos I – Pos II                   : ± 1 jam

Pos II – Pos III                : ± 2 jam

Pos III – Pos IV               : ± 2-3 jam

Pos IV – Puncak             : ± 1 - 1,5 jam

Total Estimasi Waktu Pendakian     : ± 7 – 9 jam

TIPS PENDAKIAN GUNUNG SINDORO
  • Membawa air yang cukup karna tidak ada mata air
  • Untuk menghemat tenaga dan waktu disarankan menggunakan ojek sampai Pos I½
  • Tidak recommended memakai sandal
  • Hindari serangan babi di Pos III dan Sunrise Camp
  • Tempat camp ideal adalah Pos III dan Sunrise Camp
  • Summits dimulai dari jam 03 : 00
  • Tidak berlari saat turun dari Puncak
  • Membawa air yang cukup saat Summits
NB: Estimasi waktu pendakian tergantung pada kondisi fisik, kondisi mental, jumlah rombongan, kondisi cuaca, berapa lama berhenti untuk selfie & banyaknya waktu istirahat untuk sebat

Ini adalah sedikit catatan perjalanan Gunung Sindoro via Kleudung, Semoga bermanfaat. Keep safety, jaga kebersihan dan bawa turun sampah mu.


Terimakasih. SEMOGA BERMANFAAT

Bagikan artikel ini

2 comments

  1. Temen saya naik sindoro sendiri aja dia alhamdulilah aman mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya mas, keep safety dan jaga kebersihan ya mas.

      Delete