Legenda Cerita Mistis Gunung Ciremai Jawa Barat - Sweeper Backpacker -->

Saturday, March 7, 2020

Legenda Cerita Mistis Gunung Ciremai Jawa Barat

Kawasan Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat merupakan salah satu pegunungan yang banyak dikunjungi. Gunung tertinggi di Jawa Barat itu kerap menjadi salah satu tujuan para pendaki.

Gunung Ciremai dikenal sebagai gunung dengan pemandangan eksotis oleh banyak pendaki di Indonesia. Gunung setinggi 3.078 meter diatas permukaan laut ini mempunyai daya tarik dan cerita tersendiri dari setiap pendaki yang sudah mencobanya, bukan tanpa alasan, karena Gunung Ciremai ini mempunyai Sejarah panjang sejak jaman dahulu kala.

Terlepas dari hal itu, kali ini saya sudah mengumpulkan informasi mengenai misteri-misteri serta mitos masyarakat setempat Gunung Ceremai, tak sedikit juga para Pendaki Gunung Ciremai kerap merasakan kejanggalan saat mendaki Gunung Ciremai entah itu karna benar gangguan dari hal yang hanya perasaan atau memang karna gangguan makhluk penunggu Ciremai itu sendiri. mengenai hal ini bahwasanya setiap orang berhak percaya atau tidak dengan adanya keberadaan tersebut.


Berikut adalah misteri Gunung Ciremai Kuningan, Jawa Barat.


1. YANG PERTAMA ADALAH SOSOK NYI LINGGA



photo hanya ilusi
Gunung Ciremai mempunyai beberapa jalur pendakian, salah satunya adalah via Linggarjati. ketika melewati Linggarjati pendaki akan melewati yang namanya Batu Lingga,  menurut kabar yang beredar, para pendaki kerap melihat sosok penunggu di kawasan tersebut.
Sosok itu diketahui bernama Nyi Lingga. Wujudnya seperti nenek tua ditemani dua ekor macan tutul.
Konon, Nyi Lingga ini meneruskan persemedian Sunan Gunung Jati di batu besar tersebut untuk mendapat ilmu kanuragan. Tetapi persemedian yang dia lakukan gagal dan Nyi Lingga meninggal. lalu dahulu kala Masyarakat menemukan jasad Nyi Lingga sudah tidak bernyawa di Batu Lingga.
Anehnya, macan tutul yang menemani dia bersemedi hilang meninggalkan kejanggalan. Jadi jika pendaki menemukan sosok nenek tua didampingi dua ekor macan tutul, itulah Nyi Lingga.
2. SUARA GAMELAN YANG MISTERIUS




Bukan satu atau dua pendaki saja yang pernah mendengar suara gamelan saat berada di jalur pendakian. Ada cukup banyak pendaki yang mengaku pernah mendengar suara gamelan misterius ini. Semakin kita menaruh perhatian untuk mendengarkan suara tersebut, maka suara akan seperti menjauh dengan sendirinya.
Menurut para pendaki, suara gamelan mistis ini adalah ulah dari mahluk halus penunggu Gunung Ciremai. Tujuan mereka membuat suara gamelan ini agar mengecoh konsentrasi pendaki sehingga mereka jadi tersesat. Jadi, jika Anda mendengar suara gamelan ketika mendaki Gunung Ciremai, abaikan saja dan bacalah doa agar Anda dan rombongan bisa selamat sampai tujuan.

3. BURUNG JALAK DAN TAWON/LEBAH HITAM
Burung Jalak

4. TANJAKAN BAPAK TERE

Tanjakan Bapa Tere ini merupakan salah satu tanjakan yang sangat terjal hingga sering disebut sebagai tanjakan penyiksaan. Kamu akan melewati jalur ini saat akan menuju puncak melalui jalur Linggarjati kawasan Kuningan, Jawa Barat

Menurut cerita beredar dahulu ada seorang ayah tiri dan anaknya melewati jalur ini. Sang anak dibunuh persis di tanjakan satu ini. Tanjakan ini merupakan tanjakan yang cukup terjal dan banyak menguras tenaga para pendaki.
5. MENGINJAK KAN KAKI 3X DAN MENGUCAPKAN SALAM

Menurut juru kunci atau kuncen Gunung Ciremai, para pendaki dianjurkan meminta izin lebih dulu kepada para penunggu sebelum naik. Mereka diberi imbauan dan masukan agar melakukan tradisi unik seperti menghentakkan kaki ke tanam sebanyak tiga kali dan mengucap salam agar terhindar dari gangguan sosok makhluk gaib.
6. PANTANGAN SAAT MENDAKI GUNUNG CIREMAI
Setidaknya ada tiga pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh para pendaki saat mendaki Gunung Ciremai. Yang pertama adalah mengeluh. Konon katanya, Gunung Ciremai dapat mendengar keluhan dan malah menjadikan hal tersebut hal yang paling sering temukan.
Kedua adalah buang air kecil dan buang air besar sembarangan. Ketiga, adalah selalu mengucapkan salam tiap bertemu pos istirahat selama perjalanan.
Itulah beberapa Cerita Mistis yang terus Menghantui Gunung Ceremai sampai sekarang.
Tak dapat dipungkiri bahwa setiap gunung tentu memiliki cerita misteri yang berbeda-beda. Sosok penampakan mahluk astral seolah adalah hal yang biasa terjadi di gunung. Pembahasan mengenai misteri Gunung Ciremai ini tidak lantas membuat Anda jadi takut, tetapi Anda harus pandai membawa diri dan menjaga sikap maupun perkataan selama pendakian.
Percaya atau tidak semuanya kembali kepada kepercayaan masing-masing, baiknya kita sebagai manusia yang berkunjung menjaga tata krama dan etika sopan santun saat berapa di kawasan orang lain. pepetah mengatakan "Dimana Bumi di Pijak, Di situlah Langit di Junjung"

Demikian pembahasan tentang Informasi Cerita Mistis Gunung Ciremai. Terima kasih

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda