Gunung Semeru 3.676 Mdpl. Informasi Rute dan Tips Pendakian - Sweeper Backpacker -->

Friday, March 6, 2020

Gunung Semeru 3.676 Mdpl. Informasi Rute dan Tips Pendakian



Gunung Semeru adalah Gunung yang sangat populer di kalangan Pendaki dan masyarakat Indonesia, terkenal bukan tanpa alasan, Semeru ini termasuk dalam 7 Summits of Indonesia dan juga Gunung tertinggi di Pulau Jawa. Memiliki ketinggian 3.676 Meter diatas permukaan laut, Semeru menjadi primadona para Pendaki Indonesia, tapi bukan dari Indonesia saja, bahkan para turis asing dari berbagai negara juga sudah mencoba mendaki Gunung Semeru.

Gunung Semeru juga sangat terkenal dengan keindahan-nya yang luar biasa, di Semeru terdapat  beberapa Danau dan yang paling terkenal adalah Danau bernama Ranu Kumbolo yang juga menjadi daya tarik bagi Pendaki, bagaimana tidak? tepat disebrang Danau antara kedua Bukit ada terpat terbitnya Matahari Pagi (Sunrise). Semeru juga terkenal dengan Vegetasi nya yang mencapai kemiringan kurang-lebih 70 drajat menjadikan tantangan tersendiri bagi para Pendaki yang datang.

Semeru merupakan Gunung berapi kerucut yang terletak di Jawa Timur. letaknya antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Indonesia.


PENDAKIAN GUNUNG SEMERU 3.676 MDPL via RANU PANI


BASECAMP RANU PANI


di Basecamp kita sangat diwajibkan mengikuti prosedur yang ada, mengurus surat izin mendaki yang sebelumnya  sudah di pesan dan membawa berkas-berkas yang harus di kumpulkan dan diberikan kepada petugas Basecamp, karna Gunung Semeru ini menerapkan sistem Booking Onling untuk setiap Pendakian.


BASECAMP RANU PANI - POS I ( 30-1 JAM )


di Rani Pani adalah gerbang pertama Pendakian Gunung Semeru, terdapat beberapa warung yang menjajakan makanan dan cemilan, lumayan untuk mengganjal perut jika pendaki belum sempat sarapan.


Perjalanan menuju Pos 1 masih tergolong landai dan tidak terlalu menanjak, jalan masih di dominasi batu dan ketika mendekati Pos 1 akan mendominasi tanah. pemandangan masih berupa perkebunan warga sekitar Gunung


POS I MENUJU POS II ( 30 - 50 MENIT )


DI Pos 1 ini terdapat Shelter dan beberapa pedagang yang menjajakan makanan, dan aneka buah, pemandangannya masih tertutup kabut(biasanya) dan Pepohonan hijau, lumayan untuk menghelai nafas sesaat.


jalan menuju Pos II sudah mulai berubah, tidak didominasi batu lagi melainkan tanah padat yang belum terlalu menanjak, terdapat jurang dikiri jalan. jadi hati-hati. perjalanan menuju Pos II menghabiskan waktu kurang-lebih 30-50menit tergantung kecepatan.


POS II - POS III ( 1-1,5 jam)




Pos II juga terdapat Shelter dikanan jalan, lumayan untuk ber istirahat, pemandangan yang disajikan masih Pepohonan hijau disekeliling jalur

Menuju Pos III jalurnya  masih tidak terlalu jauh berbeda dengan Pos II, hanya saja jalan sedikit lebih jauh dan sedikit berputar, dari Pos 2 menuju Pos 3 memakan waktu kurang-lebih 


POS III - POS IV (1 JAM)


Pos 3 ke Pos 4, membutuhkan waktu sekitar 1 jam, perjalanan ini mulai cukup berat dengan jalur yang menanjak. Usai melewati tanjakan yang sangat curam, jalur berikutnya cenderung menurun. Menjelang akhir perjalanan, sebelum tiba di Pos 4, pemandangan cantik Ranu Kumbolo sudah bisa terlihat dengan jelas.


POS IV - RANU KUMBOLO (30 MENIT)


Pos 4 ke Ranu Kumbolo, keindahan danau Ranu Kumbolo terpampang jelas ketika melewati rute ini. Hanya perlu sekitar 30 menit berjalan kaki, pendaki sudah bisa mencapai danau yang elok tersebut. Di dekat Ranu Kumbolo pun sudah dibangun fasilitas seperti toilet basah dengan tarif mulai Rp5 ribuan untuk buang air kecil. dan Rp10ribu untuk mandi.


RANU KUMBOLO - CEMORO KANDANG (1 JAM)

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo adalah tempat paling ideal dan favorit para pendaki untuk bermalan, selain tempatnya yang luas, Ranu Kumbolo juga menyajikan pemandangan yang sangat mempesona dari Danau nya yang berwarna hijau serta Matahari yang terbit dari kedua bukit, di Ranu juga tersedia beberapa warung dan toilet basah.

Ranu Kumbolo ke Cemoro Kandang, perjalanan ini memakan waktu sekitar 1 jam. Ada dua spot seru di sela-sela perjalanan ke Cemoro Kandang, yakni Tanjakan Cinta dan Oro-Oro Ombo. Tanjakan Cinta adalah sebuah tanjakan curam yang harus dilewati bila ingin sampai ke Oro-Oro Ombo. Sementara, Oro-Oro Ombo adalah padang yang luas dimana berisikan rumput, pepohonan, dan juga salah satu tanaman cantik namun mematikan, Verbena brasiliensis.


CEMORO KANDANG - JAMBANGAN (2 JAM)


Sesampainya di Cemoro Kandang tempatnya cukup luas, tersedia beberapa tempat duduk untuk para Pendaki sekedar ber istirahat. dan biasanya di Cemoro Kandang ini masih ada warung yang menjajakan makanan dan cemilan serta kopi.


Cemoro Kandang ke Jambangan, membutuhkan waktu sekitar 2 jam, pendaki akan disuguhi kembali pepohonan yang lebat. Jalanan akan terus menanjak sehingga energi akan terkuras habis di jalanan ini.


JAMBANGAN - KALIMATI (1JAM)


Jambangan memiliki ciri khas dua buah pohon yang besar, areanya cukup luas sehinnga lumayan untuk istirahat sembari menghelai nafas dan memasak kopi. Dari Jambangan juga sudah mulai terlihat jelas Puncak Mahameru dari kejauhan.


Jambangan ke Kalimati, memerlukan waktu sekitar 1 jam, perjalanan rute ini cukup menyenangkan karena jalur jalu dilalui perlahan-lahan turun. Jika pendaki butuh air, bisa berjalan sekitar 30 menit untuk mengambil air di Sumber Mani


KALIMATI - ARCOPODO (2.5 JAM)

kalimati


Kalimati adalah tempat kedua yang paling ideal untuk mendirikan tenda sebelum melakukan Summits ke esokan paginya, Kalimati memiliki area yang luas jadi tidak heran para pendaki akan ber istirahat di sini. Tersedia Shelter Porter dan toilet kering juga di sini.


Kalimati ke Arcopodo, perjalanan ini memerlukan waktu sekitar 2 jam, dengan melewati batas vegetasi atau batas tumbuhnya pepohonan. Jalur mendaki ke puncak ini cukup berat, diawali dengan jalur tanah, lalu berubah menjadi jalur pasir dan berbatu.


ARCOPODO - MAHAMERU (3 - 5 JAM)


Arocopodo memiliki tempat yang tidak terlalu luas, tetapi ada beberapa Pendaki yang memilih bermalam di sini, mungkin karena akan lebih dekat menuju Puncak Mahameru


Arcopodo ke Puncak Mahameru, ini merupakan trek terberat. Trek jalur ini berupa pasir yang labil sehingga menyulitkan pergerakan kaki. Karena itu, pendaki sangat disarankan menggunakan gaiter untuk melindungi sepatu agar tidak kemasukan pasir. Biasanya, pendaki memerlukan waktu 3 hingga 5 jam, tergantung kekuatan fisik masing-masing pendaki.


PUNCAK SEMERU/PUNCAK MAHAMERU



Sumber : infopendaki.com


Mahameru adalah puncak tertinggi di Pulau Jawa, orang menyebutnya Puncak Abadi Para dewa. Euforia pendaki sangat terlihat, ada yang berteriak-teriak karena senang ada pula yang langsung sujud syukur. di Puncak ini juga semua keindahan terlihat sangat jelas.
Sesekali kawah jonggring saloko mengeluarkan asap vulkanik. Walaupun indah namun kita tidak boleh terlalu lama berada dipuncak Semeru karena jika semakin siang asap dari kawahnya bisa beracun.
PENDAKIAN GUNUNG SEMERU :
Ranu Pane ke Pos 1                          1 jam

Pos 1 ke Pos 2                                  30 menit – 45 menit

Pos 2 ke Pos 3                                  1 jam – 1,5 jam

Pos 3 ke Pos 4                                  45 menit

Pos 4 ke Ranu Kumbolo                     30 menit

Ranu Kumbolo ke Cemoro Kandang     1 jam

Cemoro Kandang ke Jambangan          2 jam

Jambangan ke Kalimati                       1 jam

Kalimati ke Arcopodo                          2-3 jam

Arcopodo ke Puncak Mahameru           3 jam – 5 jam

TIPS PENDAKIAN GUNUNG SEMERU :


1. Persiapkan rincian waktu untuk bermalam dan mulai pendakian puncak. Dan pilih juga tempat yang pas untuk bertenda


2. Gunung Semeru biasanya menghabiskan 3 hari 2 malam atau bisa juga 4 hari 3 malam


3. Summits/menuju Puncak biasanya dilakukan pada jam 24:00 - 02:00 (pagi hari)

4. sangat tidak direkomendasikan menggunakan sandal saat Summits/menuju puncak


5. Gunakan trekking Pole dan jaket saat summits dan Perlengkapan safety


6. Membawa air secukupnya, dan jangan sampai kurang


7. Summit memakan waktu 4 - 6 jam dari kalimati


8. Tidak ada jaminan Asuransi dari Kalimati ke Puncak Mahameru

9. di Puncak Mahameru tidak diperbolehkan melebihi jam 10:00 siang


10. Berhati-hati saat turun dari Puncak, dan jangan terburu-buru


11. Gunakan teknik berjalan zigzag untuk menghindari terpeleset.


12. Berhati-hati saat memilih jalur saat Summits karena terdapat Zone Blank 75, yaitu jurang sedalam 75 meter yang terdapat pada sisi kanan jalur menuju Puncak Mahameru



Demikian adalah Informasi ulasan Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pani.



NB: Estimasi waktu pendakian tergantung pada kondisi fisik, kondisi mental, jumlah rombongan, kondisi cuaca, berapa lama berhenti untuk selfie & banyaknya waktu istirahat untuk sebat 
Ini adalah sedikit catatan perjalanan Gunung Semeru via Ranu pani, Semoga bermanfaat. Keep safety, jaga kebersihan dan bawa turun sampah mu

SEMOGA BERMANFAAT. TERIMA KASIH.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda