Tiga Air Terjun yang Mempesona di Sukabumi Jawa Barat - Sweeper Backpacker -->

Jumat, 06 Maret 2020

Tiga Air Terjun yang Mempesona di Sukabumi Jawa Barat

Rekomendasi wisata air terjun curug di Sukabumi! Kota Sukabumi, satu-satunya wilayah terkecil yang ada di Jawa Barat. Banyak orang yang mengakui bahwa Sukabumi memiliki spot wisata pantai yang apik. Dibalik itu, ternyata Sukabumi menyimpan spot wisata air terjun yang tak kalah indah seperti di Bogor.
Curug Cikaso, Curug Cigangsa, dan Curug Cikanteh adalah tiga curug yang akan membuat kalian jatuh cinta pada pandangan pertama. Panorama di ketiga curug ini dijamin akan memukau mata kalian. Kalian pun akan betah berlama-lama bermain air dan menikmati sejuknya alam disana. Sukabumi bukan hanya terkenal karena jalannya yang berkelok, surga wisatanya pun tak kalah mempesona.
Berikut ini daftar wisata air terjun di Sukabumi yang wajib kalian datangi.

DAYUNG SAMPAN MENUJU CURUG CIKASO

Curug Cikaso berjarak 8 km dari Surade, Sukabumi ini memiliki keindahan yang memuakau mata kalian. Warna airnya yang hijau kebiru-biruan akan menghipnotis kalian untuk segera menikmati segarnya bermain air disana. Curug Cikaso mengalir dari anak sungai Cicurug, dan terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan.
Warga sekitar menyebutnya Curug Asepan, Curug Meong dan Curug Aki. Ketiga titik inilah yang membentuk Curug Cikaso, ketiga-tiganya memiliki ketinggian air mencapai 80 meter dan memiliki lebar tebing 100 meter. Kalian bisa bayangkan betapa besar dan tingginya ciptaan Tuhan yang indah ini kan?
Butiran-butiran air dari Curug Cikaso selama bertahun-tahun ini membentuk kolam cantik dengan air yang berwarna hijau kebiru-biruan. Sayang sekali kalau kalian tidak mencoba bermain air di Curug Cikaso. Penasaran ingin melihat pemandangan yang lebih indah lagi di Curug Cikaso? Datanglah ke curug ini dipagi hari saat matahari terbit, karena kalian akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa cantik. Pantulan cahaya matahari yang membiasi butiran lembut air Curug Cikaso akan membentuk pelangi kecil.
Air yang mengalir dari Curug Cikaso ini langsung bermuara ke Muara Tegal Buleud, karena memang lokasinya yang berada di pesisir. Kalian bisa bayangkan betapa nikmat dan segarnya bermain air di Curug Cikaso ditengah teriknya suasana pesisir. Curug yang bertempat di Kampung Cinti, Desa Cibitung, Sukabumi ini memang cukup sulit untuk dicapai.
Karena Jalan yang harus kalian tempuh melewati kondisi jalan yang rusak, curam, tikungan tajam dan tanjakan. Namun ini semua akan terbayar ketika kalian sampai di Curug Cikaso. Untuk masuk Curug Cikaso kalian hanya perlu membayar sebesar Rp3.000untuk parkir dan Rp10.000 perorang untuk tarif sampan yang mengantarkan kalian tepat sampai Curug Cikaso.
Sebelum sampai ke Curug Cikaso kalian akan menyusuri sungai Cikaso terlebih dahulu menggunakan sampan. Sambil menikmati indahnya pepohonan yang terhampar disepanjang bibir sungai. Airnya yang jernih dan suasana yang sejuk ditemasni dengan suara burung yang ada disekitar, akan menambah liburan anda semakin rileks dan menyenangkan.

CURUG CIGANGSA TEMPATNYA PARA PEJUANG


Curug Cigangsa berasal dari nama seorang bapak tua yang sering dipanggil ‘Eyang Gangsa’. Curug ini hanya berjarak 10 km dari Curug Cikaso, dan memiliki tiga tingkatan. Curug Cigangsa memiliki debit air yang kecil, dikarenakan di hulu curug ini airnya di bendung warga untuk keperluan irigasi. Tetapi tetap saja jika musim hujan datang debit air disini deras, dan kalian perlu ekstra waspada.
Tidak seperti Curug Cikaso yang pemberitahuan arahnya tertempel di setiap sudut kota Surade. Untuk mencapai Curug Cigangsa memang agak lebih sulit jika kita tidak rajin bertanya dengan warga sekitar. Karena kalian harus melalui pemukiman warga, sawah-sawah, bibir sungai barulah sampai ke Curug Cigangsa.
Untuk masuk Curug Cigangsa ini, kalian hanya akan dikenakan biaya Rp3.000, murahkan? Dengan begitu kalian bisa menikmati keindahan Curug Cigangsa. Menurut warga sekitar Curug Cigangsa dahulunya adalah tempat bersembunyinya para pejuang kemerdekaan dari para penjajah Belanda.
Curug ini terletak di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Sukabumi. Curug Cigangsa memiliki tekstur batuan yang warnanya unik, yaitu warna hitam. Menurut para peneliti, kemungkinan dahulu Curug Cigangsa ini terbentuk akibat gempa. Karena dipermukaan atas Curug Cigangsa ini memiliki batu datar, warga sekitar menamakan batu tersebut sebagai ‘Batu Masigit’.
Curug Cigangsa ini juga memiliki pemandangan yang tak kalah memukau seperti di Curug Cikaso. Kalian akan dibuat ternganga melihat butiran-butiran air yang jatuh dari Curug Cigangsa ini.

CURUG CIGANTEH YANG MEMPESONA

Curug ini berlokasi di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Sukabumi berjarak 135 km dari kota Sukabumi. Akses untuk menuju Curug Cikanteh memang masih sangat sulit, kalian harus menerobos semak-semak, mendaki gunung, bahkan menyebrangi sungai. Curug Cikanteh ini memang terkenal dengan cirikhasnya memiliki tiga tingkatan yang masing-masingnya memiliki nama. Tingkatan yang paling dasar di berinama Curug Sodong, sedangkan tingkatan yang kedua diberinama Curug ngelai, dan yang paling atas diberinama Curug Cikanteh.
Curug Cikanteh adalah jenis air terjun permanen, jadi apabila musim kemarau tiba debit air di Curug Cikanteh tidak berkurang ataupun mengecil. Untuk memasuki kawasain Curug Cikanteh kalian harus memasuki wilayah Taman Geopark Ciletuh. Di Geopark Ciletuh inilah Curug Cikanteh berada, tak hanya Curug Cikanteh. Di Geopark Ciletuh juga terdapat banyak curug yang akan mebawa kalian ke suasana era zaman batu.
Kesulitan yang akan kalian rasakan memang sebanding dengan apa yang akan kalian dapatkan ketika sampai di Curug Cikanteh. Tak perlu takut dengan medannya yang sulit, jadikan itu sebagai tantangan petualangan kalian. Di curug ini kalian akan mendapatkan banyak spot foto keren agar bisa menambah koleksi foto kalian di instagram.
Curug Cikanteh dihiasi dengan tebing – tebing dan bebatuan alam yang besar, dan sedikit tanaman yang tumbuh dibebatuan tebing yang menjulang. Suasana seperti ini memang sangat mirip seperti di Green Canyon atau jika kalian penggemar film animasi, Curug Cikanteh ini suasanya mirip seperti dalam film ‘The Croods’.
Untuk sampai ke Curug Cikanteh jika kalian menggunakan kendaraan umum, datanglah ke terminal Palabuhan Ratu. Di terminal kalian bisa mencari Elf jurusan Ciwaru, jika melihat peta di google map jarak yang akan kalian tempuh memang hanya memakan waktu selama 3 jam. Namun kenyataannya kalian akan menghabiskan waktu setengah hari agar sampai ke Curug Cikanteh. Ini dikarenakan medan jalannya yang berbatu-batu membuat perjalanan menjadi terhambat.

Demikian Rekomendasi untuk 3 wisata Air Terjung yang mempesona di Sukabumi, Selamat Mencoba.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda