7 Tips Mengemas Barang ketika Mendaki Gunung - Sweeper Backpacker -->

Friday, March 6, 2020

7 Tips Mengemas Barang ketika Mendaki Gunung

Mendaki adalah salah satu hobby yang sangat digemari sebagain masyarakat saat ini, khususnya anak muda sekarang, baik yang sudah lama ataupun yang baru mencoba Mendaki, Popular dengan tantangan dan keindahan, Mendaki Gunung juga mempunyai resiko yang sangat tinggi, entah itu kecelakaan atau iklim cuaca saat pendakian.

lalu? Apa yang terlintas dalam benak kamu ketika mendengar kata “mendaki gunung”? Mungkin yang terbayang pertama kali adalah rasa capek karena harus mendaki sambil membawa banyak barang bawaan. Kegiatan mendaki gunung pada zaman sekarang bukan lagi kegiatan yang eksklusif dan hanya dapat dilakukan oleh segelintir orang melainkan dapat dilakukan oleh hampir semua kalangan. Ada yang salah? Oh, tentu tidak! Ini bagian dari perkembangan zaman yang tidak dapat kita tolak, siapapun boleh mencoba.
Bicara soal mendaki gunung, pasti erat kaitannya dengan perlengkapan yang kamu bawa. Berikut adalah tips bagi untuk kamu yang ingin mendaki gunung dengan barang bawaan yang efisien dan nyaman.

Catatan :  bukan bermaksud menggurui, hanya membagikan informasi. Semoga bermanfaat.

1. PILIH CARRIER ATAU DAYPACK YANG TEPAT

Daypack

Pertama tama adalah pemilihan tas carrier atau daypack itu sendiri, perhitungkan besar carrier untuk waktu tempuh perjalanan, Ada yang bilang, mengemas barang bawaan saat mendaki gunung adalah sebuah seni. Kerapihan packing adalah cerminan diri dan kenyamanan saat membawa tas gunung tergantung dari pengemasan barang bawaan kalian.

2. MENEMPATAN BARANG BAWAAN YANG TEPAT






Penempatan barang didalam ransel itu sangat berpengaruh dalam Pendakian, karena jika kamu salah menempatkan barang bawaan nantinya akan berpengaruh pada kenyamanan saat menggendong dalam Perjalanan. Berikut saran penempatan barang :
  • Tempatkan barang yang relatif ringan dan tidak setiap waktu digunakan di bagian paling bawah. Contoh barang-barang tersebut seperti pakaian ganti, sleeping bag¸ dan kain-kain lainnya yang tidak setiap waktu kamu pakai. Agar tas gunung kamu terlihat rapih dan kekar, baiknya kamu gunakan matras di bagian dalam untuk membentuk si tas gunung.
  • Barang-barang yang ringan menuju sedang baiknya kamu tempatkan di atas barang-barang yang ringan tadi. Contoh barang-barang yang dimaksud seperti bahan makanan dan peralatan masak seperti kompor gas lapangan, cooking set, gas, spirtus dan lain-lain.
  • Selanjutnya, barang-barang yang relatif lebih berat tempatkan di sekitar bagian pundak atau punggung agar posisi tumpuan berat tersebut memudahkan kamu dalam perjalanan khususnya yang menanjak. Contoh barang-barang yang cocok ditempatkan di bagian ini seperti air minum atau jerigen air. Jika kamu menempatkan barang-barang tadi di dasar tas gunung, berarti kamu mempakan diri kamu dalam kesulitan karena hal tersebut akan mengganggu perjalanan menanjak kalian.
  • Bagian atas tas gunung menjadi tempat bagi barang-barang yang sangat mendesak dibutuhkan sewaktu-waktu. Contoh barang-barang ini adalah senter, p3k dan jas hujan. Mengapa jas hujan harus ditempatkan di posisi paling atas? Kamu bisa bayangkan bukan ketika hujan tiba-tiba datang dan kamu tempatkan jas hujan itu di dasar tas, apa yang akan terjadi?

3. AGAR LEBIH EFISIEN GUNAKAN BAGIAN KANAN - KIRI CARRIER/TAS GUNUNG UNTUK MENARUH BOTOL MINERAL/MATRAS



Biasanya setiap Tas Gunung memiliki kantong dibagian Kanan dan kiri, kantung itu memang sengaja difastilitaskan untuk para pendaki agar lebih mudah saat pendakian, Contohnya : saat haus dalam perjalanan tidak harus membongkar isi tas untuk mengambil air minum. Tidak jarang juga ada pendaki yang menggunakan nya untuk menaruh Matras dan Tenda.

4. GUNAKAN TRASH BAG / PLASTIC SAMPAH

Meski sering dianggap sepele oleh beberapa Pendaki ternyata Trash bag sampah ini memiliki peranan yang sangat penting saat Pendakian, selain untuk mengumpulkan sampah rombongan saat mendaki, Trash Bag ini juga wajib digunakan untuk daleman Tas Gunung/Carrier karena memliki bahan plastic yang tahan air Trash bag ini akan melindungi semua barang bawaan yang ada di dalam tas ketika Hujan. jadi jangan lupa membawanya yah.

5. GUNAKAN PLASTIC PACKING



image : Bukalapak


Nah, hal ini kadang sering terlupa oleh sebagian pendaki. Meski sudah ada cover bag tapi harus dibiasakan memakai plastik packing untuk mengemas barang-barang guna menghindari tembusnya air hujan dan sebagainya dari cover bag.

6. MANFAATKAN RUANG KOSONG DI DALAM TAS GUNUG

Jadikan tas gunungmu tidak mubazir, dari penglihatan orang lain tas gunungmu terasa sangat penuh, tapi saat diangkat sangatlah ringan. terkadang hal ini karena masih banyaknya slot kosong yang tidak terisi di dalam tas. agar lebih maksimal dan tidak mubazir manfaatkan ruang-ruang kecil yang tersisa seperti nasting yang dapat diisi dengan beras dan tempat makanan untuk menaruh telur dan sebagainya.

7. GUNAKAN WAITS BAG / TAS SELEMPANG













Image: google

Waits bag atau dapat disebut tas kecil mempunyai peranan penting bagi seorang pendaki. Tas kecil biasa dipakai untuk menaruh barang-barang penting saat pendakian seperti dompet, handphone, Go Pro, survival kit dan barang2 lainnya dalam pendakian.

Demikian inilah 7 Tips Packing dalam Pendakian,  Mendaki mempunyai resiko yang sangat tinggi, persiapkan semuanya dengan baik sejak awal termasuk Packing pada Carrier/Tas Gunung, karna ketika kita salah saat packing dapat berdampak pada kenyamanan kita saat Mendaki Gunung

SEMOGA BERMANFAAT. TERIMA KASIH

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda