11 Cara Adaptasi Cuaca Dingin Sebelum Mendaki Gunung. Latihan di Rumah - Sweeper Backpacker -->

Thursday, February 11, 2021

11 Cara Adaptasi Cuaca Dingin Sebelum Mendaki Gunung. Latihan di Rumah

Tips adaptasi suhu ketika cuaca dingin

Dalam pendakian gunung suhu dingin adalah hal yang wajar, tetapi untuk beberapa orang menjadi pantangan tersendiri karna mungkin tidak kuat menahan dingin, membuat sobat tidak nyaman dan lesu.

Sebab ketika sobat mendaki gunung sobat akan berpijak di dataran yang lebih tinggi, simplenya, karena adanya atmosfer bumi, dataran yang tinggi memiliki tekanan udara yang semakin rendah, sehingga terjadinya penurunan temperatur suhu.

Biasanya untuk sobat yang tinggal jauh dari area pegunungan mungkin tidak terbiasa dengan suhu dingin pegunungan, namun sebenarnya hal itu dapat di adaptasikan sebelum sobat berangkat mendaki loh...dan cara ini dilakukan ketika berada di rumah.

Berikut beberapa cara membiasakan tubuh dengan suhu dingin pegunungan:

1. Tidur di Lantai

Tidur di lantai untuk melatih cuaca dingin

Saat cuaca siang sedang panas, beberapa orang memilih tidur di lantai karna adem, tetapi ini berbeda. Sobat bisa menggunakan cara ini ketika sobat tidur di malam hari.

berbeda ketika memakai kasur empuk nan hangat kali ini sobat hanya tidur di atas lantai/ubin rumah, Sebab permukaan lantai memiliki suhu yang lebih rendah dan memiliki kelembapan yang lebih tinggi, nantinya cara ini berguna agar tubuh mulai terbiasa dengan suhu dingin.

Tetapi direkomendasikan hanya tidur dengan bagian pinggul sampai kaki berada di lantai, bagian pinggul sampai kepala lebih baik memakai alas karpet atau matras.

2. Mandi dengan air Dingin

Mandi air dingin untuk adaptasi suhu

Buat sobat yang tidak suka mandi saat dingin mungkin cara ini sangat menyiksa, tetapi jika sudah sering dan terbiasa setiap hari rasanya akan biasa saja.

Mandi menggunakan air dingin memiliki beberapa manfaat, jika sobat biasa mandi memakai air biasa/hangat coba ganti kebiasaan dengan menggunakan air dingin.

Cara ini berguna agar tubuh dapat mulai membangun toleransi pada dingin dan membuat adaptasi secara nyata, di luar negeri cara ini biasa di lakukan sebelum melakukan kegiatan-kegiatan extrim seperti, mendaki gunung es, ski, sampai menyelam di atlantik.

  • Coba bergantian mandi menggunakan air dingin dan air hangat, hal ini juga dapat membuat tubuh sobat terbiasa dengan pergantian suhu atau cuaca dengan cepat. 
  • Untuk mandi air dingin bisa dilakukan dengan cara bertahap, mungkin dari sedang,dingin, dan sangat dingin.
  • Oiya cara ini DILARANG KERAS untuk penderita darah tinggi ya, karna bisa membangkitkan seraf-saraf dan memicu serangan jantung.


3. Berendam di Air Es

Mandi dengan air es

Cara ini mungkin tidak jauh berbeda dengan cara ke dua, Berendam dengan air dingin akan menurunkan suhu tubuh sobat secara cepat, hal itu juga akan membuat reaksi adaptif tubuh sobat terhadap dingin dan akan mulai membiasakan dengan suhu dingin.

Cara ini juga memiliki banyak manfaat, cara ini juga banyak dilakukan oleh atlit-atlit internasioal loh. tetapi tetap DILARANG KERAS dilakukan oleh sobat yang mempunyai darah tinggi ya.

  • Gunakan es dengan kedinginan bertahap saja
  • Lakukan cara ini 7-10 menit saja, jangan terlalu lama, terlalu lama dapat memicu sobat malah terkena hipotermia.
  • DILARANG KERAS untuk sobat yang punya darah tinggi ya.


4. Keluar dan nikmati Udara Dingin

udara musim dingin

Jika sobat tinggal di daerah dengan cuaca/iklim dingin setiap hari, coba luangkan waktu beberapa jam setiap hari untuk berjalan-jalan di luar, Namun tinggalkan jaket sobat, pakai lah pakaian seperlunya dan nikmati suhu dingin di luar.

jika sobat biasa melakukan nya setiap hari, sobat akan terbiasa lebih lama di luar ruangan dengan suhu dingin tanpa terpengaruh udara dingin nya. 

jika mau coba yang lebih extrim sobat bisa coba berjalan-jalan malam menggunakan motor tanpa jaket, atau membuka kaca mobil sobat ketika berkendara.


5. Olahraga secara Teratur

Olahraga saat cuaca dingin

Berbeda dengan cara-cara di atas, kali ini mimin merekomendasikan olahraga, lakukan olahraga aerobik/kardiovaskular seperti, lari, jogging, lompat tali, bersepeda, sampai arus deras.

Olahraga ini sangat berguna karna membangun pertahanan dan memetabolisme tubuh(yang berfungsi menghancurkan kalori untuk melepaskan energi)membantu menyeimbangkan suhu rata-rata tubuh dan memiliki peningkatan massa otot yang dapat membuat jaringan-jaringan tubuh hangat.


6. Tidak memakai jaket saat berangkat mendaki

Berangkat menuju pendakian gunung

Cara ini dapat dilakukan sobat saat baru akan menuju gunung tersebut dari rumah, cara ini sebenarnya tidak terlalu efisien, tetapi dapat membantu juga. Ketika dari rumah sobat bisa hanya mengenakan pakaian kaos, sepatu dan sarung tangan dan helm, tetapi simpan jaket sobat.

Secara tidak langsung suhu tubuh sobat akan mulai beradaptasi secara bertahap dari rumah hingga masuk ke iklim dingin, nantinya tubuh sobat tidak akan kaget saat sudah berada di area pegunungan.

Jari tangan dan kaki adalah anggota tubuh yang paling cepat merasa dingin, sama pula dengan kuping, sebab itu kenakan sarung tangan dan sepatu agar tidak mati rasa saat memasuki area pegunungan.


Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat dirubah di rumah agar menyesuaikan suhu dingin :


1. Turunkan Suhu Ac

Remote ac saat suhu dingin

Jika sobat biasa memakai temperatur 20-24`C pada AC kamar, sobat bisa turunkan secara perlahan sampai mimimal suhu ruangan, sobat harus belajar beradaptasi dengan suhu ruangan hingga sobat nyaman berada di tempat yang dingin.


2. Minum air Es

Minuman air es dingin

Coba ganti minuman sobat dengan air es, Konsumsi minuman air es dapat menurunkan suhu tubuh sobat, tetapi tubuh akan menunjukan tanggapan adaptif untuk mengimbangi perubahan suhu tersebut. Saat berada di lingkungan dingin dan orang-orang memesan teh atau kopi untuk penghangat, sobat bisa memilih langkah extrim memilih es, nantinya sobat merasa tidak perlu menghangatkan diri lagi.


3. Tolak Jaket

tidak memakai jaket saat suhu dingin

Jika sobat berada di ruangan atau lingkungan dingin coba untuk tidak membiasakan diri memakai jaket. Rasakan dingin itu dan coba cari aktivitas yang dapat mengalihkan rasa dingin sobat, dengan begitu lama-lama sobat juga akan nyaman dan tidak terganggu berada di tempat dingin.


4. Tolak Selimut dan Nyalakan Ac saat tidur

Tolak selimut saat cuaca dingin

Jika sobat merasa dingin saat tidur di cuaca/ruangan dingin coba untuk menolak selimut, suhu tubuh secara alami akan turun saat sobat tidur, jadi kalo sobat ingin lebih cepat mengembangkan ketahanan diri, coba tidur dengan ruangan dingin tanpa selimut.


5. Konsumsi makanan yang kaya akan Protein, karbohidrat dan lemak sehat

makanan sehat di cuaca dingin pendakian

Makanan-makanan ini mungkin agak sedikit menaikan berat badan ya, tetapi fungsi lemak yang tersimpan di dalam tubuh menyediakan cadangan kalori yang di bakar untuk mendapatkan energi loh sobat, serta menjadi lapisan untuk melindungi organ internal tubuh dalam suhu yang konsisten dan peningkatan lemak tubuh dapat membuat tubuh lebih hangat saat cuaca dingin.

Pilihlah makanan yang sehat seperti, daging rendah lemak, susu, gandum dan minyak sayur. Tetapi secukupnya saja, berlebihan entar nyesel😂😂

...

Itulah beberapa cara yang mungkin sobat bisa lakukan dirumah ya, mimin yakin kalo sudah pakai cara-cara di atas sobat tidak akan lagi merasa kedinginan sampai menggigil terus menerus.

Sebab tubuh sobat sudah akan terbiasa oleh suhu/iklim yang dingin dan pergantian suhu secara cepat juga tidak akan mempengaruhi aktivitas sobat.

Baca Juga : 

10 Cara Memilih Jaket Gunung yang baik Sesuai Keperluan

16 Cara Mengurangi Rasa Dingin ketika Mendaki Gunung 

Kenali Gejala dan Cara menangani Hipotermia di Gunung

Namun perlu di ingat, Cara-cara di atas dilakukan secukupnya saja dan dilakukan secara pelan bertahap, tidak perlu langsung menggunakan cara extrim. Agar lebih efisien lakukan tips-tips di atas 5-7 hari sebelum melakukan pendakian gunung, dan apabila terjadi komplikasi segera berhenti ya.

Mimin rasa cukup sekian, Selanjutnya mimin coba nulis Tips-Tips Mengurangi Rasa Dingin ketika Mendaki Gunung ya...

Tetap safety, jaga keselamatan, ruang aman dan kebersihan sobat...

Semoga cara-cara di atas bermanfaat dan bisa sedikit membantu sobat ya, Terimakasih

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda