Biaya Transportasi Bus ke Gunung Prau via Patak Banteng dari Jakarta, Pulang-pergi cukup 300 ribu ! - Sweeper Backpacker -->

Minggu, 12 September 2021

Biaya Transportasi Bus ke Gunung Prau via Patak Banteng dari Jakarta, Pulang-pergi cukup 300 ribu !

 

Transportasi Ke Gunung Prau dari Jakarta

Gunung Prahu atau Gunung Prau berada di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah Indonesia dan terbentang diantara 4 Kabupaten, Kabupaten Kendal, Batang, Tamanggung dan Wonosobo.

Tidak diragukan lagi, Sejak dulu Prau menjadi salah satu destinasi favorite para pendaki di tanah air, meskipun ketinggian nya tidak terlalu extream namun

Gunung ini menawarkan keindahan yang seakan tidak terbatas, mulai dari Bukit Teletubis, Panorama Gunung Sindoro, Sumbing, Slamet, dan SunMori serta masih banyak lagi di Gunung Prau.

Tentang Gunung Prau :

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 Mdpl. Track-nya pun tergolong tidak terlalu extream, namun tetap butuh ke hati-hatian, Menuju puncak Prau juga tidak begitu lama, kurang-lebih cukup 3 jam saja dari Basecamp.

Namun mungkin beberapa dari sobat bertanya-tanya dan mencari informasi bagaimana menuju ke Gunung Prau dan berapa besar Biaya yang dibutuhkan?

Baik, kali ini saya akan mengulas perjalanan menuju Gunung Prau, Khususnya dari Ibukota Jakarta menuju Basecamp Patak Banteng

Patak Banteng sendiri ialah nama Desa yang dijadikan nama salah satu jalur yang paling diminati untuk menuju Puncak Gunung Prau. Terletak di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia.

Prau memiliki Jalur lainnya, Antara lain :

  • Jalur Prau via Dieng
  • Jalur Prau via Wates
  • Jalur Prau via Kalilembu
  • Jalur Prau via Dwarawati

Akses menuju Basecamp Patak Banteng tidak lah sulit, dari Jakarta kita hanya melakukan setidaknya dua kali transit hingga sampai di Desa Patak Banteng.

Berikut Artikelnya :

Kali ini saya hanya menggunakan Bus untuk perjalanan menuju Desa Patak Banteng, Jawa Tengah.

Karna menurut saya menggunakan Bus adalah hal yang paling simple untuk menuju Gunung Prau dan tentu di informasi ini saya akan meminimalisir biaya perjalanan.

Terminal Jakarta ke Terminal Mendolo :

Untuk menuju Basecamp Gunung Prau via Patak Banteng, Pertama-tama kita harus memilih Bus jurusan Terminal Mendolo, Wonosobo. 

dari Terminal Jakarta kalian bisa menggunakan jenis Bus seperti Sinar Jaya, Murni Jaya atau yang lainnya, Estimasi Biaya kurang-lebih Rp.100.000-150.000/orang

Lama perjalanan kurang-lebih 9-12 jam perjalanan(tergantung joki bus)

Terminal Mendolo :

Terminal Mendolo adalah Terminal utama di kabupaten Wonosobo, dan menjadi terminal yang biasa digunakan para pendaki menuju Gunung Prau, Sumbing, Sindoro dan beberapa Gunung lainnya.

Sesampainya di Mendolo kalian bisa langsung mencari angkutan umum menuju Basecamp Patak Bateng.

Terminal Mendolo - Basecamp Patak Banteng :

Untuk menuju ke Desa Patak Banteng ada beberapa pilihan angkutan umum, mulai dari Elf, Angkutan Umum(angkot)sampai Mobil losbak dengan biaya kurang-lebih Rp.20.000-30.000/orang

Perjalan ditempuh sekitar 30 menit - 1 jam perjalanan dengan kontur jalur yang mulai menanjak.

Desa Patak Banteng :

Sebelum sampai di Desa Patak Banteng kalian akan turun di persimpangan gapura, untuk menuju Basecamp kalian harus berjalan sedikit, sekitar 15 menit hingga tiba di Basecamp Patak Banteng.

Note : Bagi yang males berjalan bisa menggunakan ojek yang tersedia di persimpangan ini, tetapi untuk biaya saya kurang tahu.

Basecamp Patak Banteng :

Sesampainya di Patak Banteng kalian tinggal memilih tempat yang tersedia untuk istirahat, Pesan makan, besok isi Simaksi, Selamat Mendaki.

Total Biaya Perjalanan :

Terminal Jakarta - Terminal Mendolo : Rp.100.000-150.000-,

Terminal Mendolo - Desa Patak Banteng : Rp.20.000-30.000-,

Total Perjalan Pergi : Rp.120.000-180.000/Orang

Jika di akumulasikan Pulang-Pergi cukup dengan biaya Rp.240.000-360.000/Orang untuk estimasi biaya menuju Gunung Prau dari Jakarta.

==

Baca Juga

Transportasi Biaya menuju Gunung Slamet via Bambangan dari Jakarta

Biaya Transportasi ke Gunung Lawu via Candi Cetho dari Jakarta

Kenali Gejala dan cara mengatasi Hipotermia ketika Mendaki Gunung

Lumayan terjangkau lah ya untuk membayar keindahan Gunung Prau ini.

Biaya ini berlaku untuk pendakian Solo/kelompok ya, karna sama saja,tetapi lebih baik berkelompok sih wkwkw dan Estimasi Terminal Berlaku untuk daerah Jakarta dan sekitarnya.

Tips : Jago Nego saja untuk meminimalisir Biaya perjalanan, karna perjalanan simple dan mudah untuk di akses.

Note :

Ini hanyalah estimasi perjalanan, usahakan membawa uang lebih/tidak cekak, karna perjalanan setiap orang pasti berbeda-beda dan artikel ini hanya membahas tentang biaya transportasi, jadi untuk biaya logistik dll tidak dijelaskan ya.

Keep safety. Jaga kebersihan dan bawa turun sampahmu.

Jika ada yang ingin ditanyakan koment di bawah ya:)

Semoga bermanfaat. dan jangan lupa share ya. Terima Kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda