15 Peralatan Gunung yang Wajib di bawa untuk Pendaki Pemula - Sweeper Backpacker -->

Monday, July 6, 2020

15 Peralatan Gunung yang Wajib di bawa untuk Pendaki Pemula

Alat-alat Gunung

Contoh alat-alat Gunung. Sumber : Google

Dalam sebuah pendakian Gunung, Persiapan pertama adalah point penting yang wajib diketahui oleh seorang pemula/yang baru ingin mencoba mendaki Gunung. 
Terlepas dari kondisi fisik dan mental, kali ini saya akan mencoba menjelaskan apa saja Alat-alat yang biasa dibawa saat mendaki Gunung. Banyak diantara mereka yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung, tapi tak sedikit juga yang belum begitu akrap dengan kegiatan yang satu ini.

Dari sekian banyak orang yang ingin mencoba mendaki Gunung entah itu karna ingin mencoba hal baru, tantangan baru atau hanya sekedar ikut-ikutan. Bahkan tidak sedikit yang hanya ingin mendapatkan foto-foto yang bagus. Terserahlah itu hak mereka, selama mereka tidak mengganggu dan merusak alam serta mengikuti prosedur yang tertera itu tidaklah salah.

Namun banyak pertanyaan dari beberapa orang yang ingin/baru mencoba mendaki, saya sering medapatkan pertanyaan seperti ini "bang kalo mau naik Alat-alat apa saja sih yang harus dibawa?" terlepas dari persiapan fisik dan mental sebenarnya itu adalah point terpenting yang harus diketahui ketika seseorang baru mau mencoba mendaki Gunung. Jadi saya memutuskan menulis artikel berikut...

Sebelumnya saya mohon maaf jika ada ada kata-kata yang kurang berkenan di hati ataupun peralatan yang saya tulis kurang lengkap/jelas. karena saya hanya menulis apa saja inti-inti dari barang untuk pendakian gunung umumnya. saya hanya membahas tentang peralatan Hiking biasa, bukan peralatan untuk Mountaineering yah.

Berikut beberapa Alat-alat yang wajib dibawa saat mendaki Gunung untuk individu :

1. Tas Carrier/daypack
Tas Daypack Gunung
Tas Daypack.
Sumber : Blili.com

Daypack atau tas carrier adalah salah satu hal yang wajib dibawa untuk mendaki, biasanya orang yang baru mendaki hanya membawa barang-barang pribadi dan beberapa logistik team. jadi Tasnya pun tidak terlalu besar itu sudah cukup. Tetapi ukuran besar Tas bisa dibedakan lamanya pendakian, jika mendaki dengan rentan waktu 3-5 hari rasanya kurang pas jika hanya membawa daypack karna muatan logistik dan beberapa perlengkapan lain cukup banyak.


2. Pakaian (Baju,Celana, dan Celana dalam)
Celana Gunung
Celana Gunung. Sumber: Google

Pakaian termasuk hal yang wajib(yaiyalah anjir) tetapi bawalah pakaian secukupnya saja. Baju dan Celana dapat dibedakan menjadi beberapa type, biasanya ketika seseorang dengan rentan waktu mendaki 2-4 hari akan membawa 3 baju dan 2 celana dalam pendakian. yaitu :

Baju  : - Baju untuk trekking 1 (satu)
- Baju untuk tidur 1 (satu)
- Baju cadangan dalam perjalanan 1 (satu)

Celana : - Celana Trekking 1 (satu)
- Celana tidur panjang 1 (satu) usahakan jangan bahan levis.

Celana dalam : Terserahlah, yang pasti bawa cadangan, asal jangan minjem

3. Sepatu dan Sandal
Sepatu Gunung
Sepatu Gunung. Sumber : Google

Hal wajib berikutnya adalah Sepatu Gunung, bawalah sepatu Gunung se safety mungkin atau senyaman mungkin, jangan sampai memakai sepatu yang nantinya menyulitkan kita dalam pendakian. Contoh : Kekecilan atau Kebesaran itu sangat mengganggu aktivitas kita saat mendaki, jadi ya gunakan yang memang nyaman dan kekuatan spefikasinya baik.

Sandal biasanya digunakan sebagai cadangan, bawalah sandal khusus untuk gunung. disaat terjadi masalah pada sepatu, entah itu rusak atau jebol kita masih dapat menggunakan Sendal untuk pendakian dan juga sandal lebih praktis digunakan untuk berkeliling saat kita sudah membuka tenda. sendal dapat di simpan di tas kok...santai

4. Sleeping Bag
Sleeping bag Gunung/kantung tidur
Sleeping bag Gunung/kantung tidur. Sumber : Google

Nah ini adalah hal wajib yang akan menentukan system sleep kita. Sleeping bag adalah kantung tidur yang biasanya terbuat dari bahan yang kuat menahan dingin. Sleeping bag juga hampir rata-rata terbuat dari bahan yang tebal, tetapi dibedakan dengan kualitas Sleeping bag itu sendiri, karna setiap Sleeping bag mempunyai batasan suhu udara di sekitar. Jadi gunakan lah Sleeping bag dengan kualitas yang baik, dengan begitu kita dapat tidur nyaman ketika malam tanpa kedinginan. kalo gada Sleeping bag bawa bedcover bonita juga gapapa. hehe

5. Matras
Matras Gunung
Matras Gunung. Sumber :Google

Matras dapat digunakan dalam beberapa fungsi. Tetapi yang paling penting, Matras sering digunakan untuk alas kita tidur di dalam tenda, karna itu yang akan menjaga suhu dingin dari bawah. kenapa? biasanya bagian bawah tenda hanya beralaskan terpal seadanya dan ketika malam hari udara lembab dari bawah bisa membuat kita lebih dingin saat tidur. Dan ketika siang Matras dapat dijadikan wadah atau karpet memasak di depan tenda, bahkan dijadikan alas untuk berjemur di pagi hari juga oke...

6. Jaket Tebal atau Jaket Gunung
Jaket Gunung
Jakaet Gunung. Sumber : Google

Jaket adalah salah satu hal wajib. Rasanya jika kita hanya menggunakan baju kaos saat di area pegunungan atau di area camp pasti akan tetap merasakan udara sangat dingin, jadi jaket digunakan untuk melindungi dan menjaga suhu tubuh kita tetap hangat walaupun udara disekitar itu rendah. Jadi gunakan lah jaket yang berbahan tebal dan mampu menahan udara rendah di sekitar, jika ada gunakan yang berbahan luar parasut. jaket juga biasanya dipakai untuk tidur, menjadi lapisan penghangat di dalam Sleeping bag.

7. Headlamp atau Senter
Headlamp
Headlamp.

Alat ini biasa digunakan untuk penerangan, terlebih jika hari sudah malam. fungsinya sangat banyak, salah satunya adalah untuk penerangan jalan(bukan masadepan), entah itu didalam perjalanan pendakian atau ingin mencari tempat untuk buang air kecil dan besar pada malam hari. Jika tidak mempunyai Headlam/senter sebenarnya bisa menggunakan lampu dari smartphone yang kalian miliki. Tetapi agak sedikit tebir karna harus di genggam terus menerus kayak dia.

8. Jas Hujan
Jas hujan untuk Gunung
Jas Ujan. Sumber : Google

Umumnya, kamu bisa menggunakan jas hujan yang khusus untuk pendaki gunung. Namun bila harganya terasa mahal, jas hujan sehari-hari yang terbuat dari bahan plastik pun bisa kamu gunakan. Sebaiknya bawa dua jenis jas hujan, yaitu jas hujan egois dan jas hujan batman. Jas hujan egois digunakan untuk melindungi tubuh, sedangkan jas hujan batman untuk melindungi tas gunungmu dari air hujan. tebir yaa?yaudah terserahlah satu juga oke.

9. Tisu kering dan tisu basah
Tisu Gunung
Tisu

Tisu ini berguna untuk membersihkan segala hal, mulai dari hati, membersihkan baju, piring, gelas, membersihkan badan, dan lain sebagainya. Tapi ingat ya, bawa kembali tisu bekasmu saat turun gunung. Jangan sampai meninggalkan sampah. apalagi tisu basah yang sangat sulit terurai. Apalagi tisu magic yang bikin kebal.

10. Obat-obatan
Obat-obatan gunung
Obat-obatan


Salah satu peralatan atau perlengkapan yang sering dilupakan adalah obat-obatan. Padahal hal ini sangat penting gunanya dalam mengatasi berbagai penyakit yang tiba-tiba kamu alami saat mendaki gunung. Berbagai obat-obatan umum harus dibawa, dan buat kamu yang memiliki penyakit khusus yang kadang-kadang bisa kambuh secara tiba-tiba, lebih baik membawa obat yang telah diberikan dokter kepadamu untuk jaga-jaga.

Alat-Alat Kelompok dalam Pendakian :

1. Tenda
Tenda Gunung
Tenda Gunung. Sumber : Google

Mendaki gunung membawa tenda adalah hal yang sangat wajib. Kamu juga membutuhkan tenda sebagai tempat bernaung yang dapat melindungi pendaki dari dinginnya suhu gunung saat malam hari dan juga melindungi dari hujan, binatang, dan gangguan-gangguan lainnya.

Kamu bisa memilih alat-alat naik gunung ini yang berjenis dome. Dimana tenda dome berbentuk kuba dan mampu menahan angin. Selain itu, pastikan pula tenda yang dibawa sesuai kapasitas dari kelompok pendakimu. Biasanya ketika kita mendaki bersama orang yang sudah berpengalaman mereka biasanya sudah memiliki tenda untuk beberapa orang, jadi seseorang yang baru mencoba mendaki hanya membawa barang untuk pribadinya saja haha enak ya.

2. Peralatan makan dan minum serta memasak.
Nesting
Nesting. Sumber Google juga

Peralatan makan dan minum wajib kamu bawa jika kamu ingin bermalam di gunung. Alat makan tersebut antara lain piring, gelas, sendok, pisau kecil, kompor gas kecil, nesting, dan lain sebagainya. tetapi biasanya lagi-lagi jika kamu mendaki bersama seorang yang sudah berpengalaman dalam dunia pendakian, mereka sudah memiliki barang-barang seperti ini. jadi bawa pribadi lagi aja deh...

3. Kantong plastik untuk sampah(trastbag)
Trasbag
Trasbag

Kantung sampah adalah salah satu hal kecil yang harus di bawa untuk mengumpulkan sampah-sampah yang kita kumpulkan saat pendakian berlangsung. Sebenarnya memakai kantung plastik biasa pun bisa, tetapi ukurannya terbatas. Sedangkan trastbag mempunyai ukuran yang besar dan lebih efisien untuk di gunakan.

4. Peralatan Medis atau P3K
P3K gunung
P3K

Alat-alat naik gunung lainnya yang wajib dibawa adalah peralatan medis. Perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba saat mendaki, kemungkinan bisa mempengaruhi tubuhmu. Oleh sebab itu, bila tubuh sudah terasa tidak enak, segeralah ambil peralatan medis dan konsumsi obat-obat antibiotik.

Pasalnya memaksakan tubuh yang kurang prima saat mendaki gunung, justru berisiko mendatangkan berbagai penyakit yang dapat merenggut nyawa, salah satunya hipotermia.
Selain obat-obatan, kamu juga bisa membawa deker elastis, bidai, dan perban sebagai bentuk antisipasi bila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan, seperti patah tulang atau terkilir. kalo bisa bawa penawar racun ular cobra hehe canda.

5. Flysheet
Flysheet
Flysheet

Flyseet ini rata-rata terbuat dari bahan anti air yang fungsinya digunakan sebagai pelindung tenda dari hujan maupun cuaca. Selain itu Flysheet juga berfungsi sebagai pengganti tenda, dalam keadaan darurat fungsi dari flysheet ini mampu memberi perlindungan untuk bermalam atau saat kondisi hujan serta dalam kondisi patah hati.

Nah itulah beberapa Alat yang harus di bawa saat melakukan Pendakian Gunung pada umumnya,. saya hanya berbagi informasi dan pengetahuan inti dari alat-alat yang biasa digunakan, siapa tau bermanfaat untuk seseorang yang baru ingin mencoba melakukan pendakian. 

Tidak di pungkiri bahwa sebenarnya masih sangat banyak alat-alat gunung lainnya, tetapi untuk pendakian biasa sepertinya itu sudah cukup.

Namun persiapan alat tanpa kondisi fisik dan mental yang baik adalah hal yang sia-sia, jadi sebelum melakukan pendakian jagalah kesehatan kalian. lalu persiapkan semua dengan matang agar menemui titik besar keberhasilan dan tidak ada hambatan saat dalam perjalanan pendakian. Selamat mencoba...

Terimakasih. Semoga bermanfaat...

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda