10 Tips untuk Kelangsungan Hidup di Alam Bebas - Sweeper Backpacker -->

Monday, July 13, 2020

10 Tips untuk Kelangsungan Hidup di Alam Bebas

tips survival
Dalam sebuah kondisi hidup tertentu kelangsungan hidup adalah prioritas utama yang harus di fikirkan. Ketika anda berada dalam kondisi darurat, Insting, mental dan pengetahuan serta pengambilan keputusan seketika menjadi tumpuan untuk kelangsungan hidup di dalam kondisi terdesak atau tersesat.

Pada dasarnya manusia secara alami mempunyai pertahanan diri di dalam kondisi ketika merasa terancam atau kondisi darurat, tetapi jika mental dan pengetahuan yang dimiliki-memiliki tingkatan rendah, akan sangat berpengaruh dalam kelangsungan hidup di dalam kondisi tertentu. Contoh : Tersesat di hutan belantara.

Ketika anda sedang melakukan perjalanan di alam bebas dan bersuka ria karna suasana tenang dan nyaman, Penting untuk diingat bahwa dalam sekejap mata, semuanya bisa hilang. Yang tak terduga bisa terjadi, Anda mengalami kecelakaan atau tersesat; sekarang, hanya Anda dan hutan belantara tanpa ikatan dengan peradaban. 

Berikut adalah 10 Tips dasar untuk bertahan hidup agar Anda siap-berjaga-jaga.

1. KOMUNIKASI ADALAH KUNCI


Kabari keluarga sebelum memulai pendakian

Tolong beri tahu seseorang ke mana Anda akan pergi sebelum Anda berangkat. Ke mana pun Anda pergi, bahkan jika Anda terdampar dan tersesat tanpa terduga, Anda mulai dari suatu tempat di peradaban. Beri tahu teman dan keluarga dekat ke mana Anda akan pergi dan jika Anda memiliki rute atau jumlah waktu tertentu Anda akan pergi. Tolong sampaikan pada mereka sebelum berangkat.

2. JAGA FIKIRAN ANDA
Fikiran saat survival

Sekaranglah saatnya untuk tenang dan berpikir positif. Itu tidak terdengar banyak, tetapi optimisme berjalan jauh, dan dalam situasi bertahan hidup, itu dimulai dengan Anda, sikap Anda dan kemauan Anda, tidak peduli betapa takut dan sendiriannya perasaan Anda. Pertama, pertahankan pandangan yang realistis dan rajin rencanakan untuk menjaga diri Anda dalam kondisi fisik dan mental terbaik. Jika ada sesuatu yang tidak berhasil, seperti membangun api atau tempat berlindung, jangan terburu-buru, karena itu dapat menyebabkan kepanikan. Berhentilah, bernafas, dan pikirkan apa yang Anda butuhkan, amati lingkungan Anda, dan atur rencana baru.

3. AMBIL DAN SIMPAN PERSEDIAAN


Persediaan pendakian

Simpan semua yang Anda punya, karena rencana kedua mencari jalan keluar terbaik, barang-barang ini akan menjadi milik Anda yang paling berharga dan bisa menyelamatkan hidup Anda. Jangan meremehkan kelayakan bahkan dari hiasan kecil pernak-pernik klasik yang ada. seorang survivor Gary Paulson, The Hatchet, Brian Robeson menggunakan renda sepatunya untuk membuat busur dan anak panah yang bagus untuk bertahan hidup!

4. BANGUN SHELTER


Bivak atau Shelter

Saatnya berkreasi. Biasakan diri Anda dengan cara membangun lean-to; ada berbagai jenis hunian yang dapat Anda bangun dan masing-masing memiliki pro dan kontra yang berbeda. Jelas Anda ingin menutupi overhead untuk kehangatan di malam hari dan perlindungan dari unsur-unsur lainnya. Jika Anda berada di medan berbatu, pegunungan, usahakan overhang(menggantung). Kalau tidak, gunakan tungkai dan daun atau apa pun yang dapat memberikan isolasi. Jarum pinus biasanya menyelimuti tanah dalam tumpukan tebal, bagus untuk alas tidur.

Lean-to : Sebuah lean-to adalah jenis struktur sederhana yang awalnya ditambahkan ke bangunan yang ada dengan kaso "bersandar" ke dinding lain. Struktur lean-to-standing yang bebas umumnya digunakan sebagai tempat berteduh. Salah satu jenis lean-to tradisional dikenal dengan nama Finlandia laavu. sumber : Wikipedia

5. AIR


aliran air di hutan

Tubuh Anda tidak akan bertahan lebih dari tiga hari tanpa air. Jika Anda cukup beruntung berada dekat aliran air tawar - bagus untuk Anda, namun hindari mengambil air dimalam hari, pastikan untuk mendidih sebelum memuaskan dahaga Anda. Tidak ada air yang terlihat? Lanjutkan pencarian Anda dan bangun penangkap air hujan atau memanfaatkan tumbuhan yang memiliki kandungan air.

6. SUMBER DAYA MAKANAN


tumbuhan dan hewan di hutan

Hal-hal yang membuat frustrasi ketika harus mencari sumber makanan yang cukup ketika Anda berada dalam mode bertahan hidup, terutama karena kekurangan gizi akan bekerja secara mental dan fisik, membuat Anda merasa lemah, rewel, dan mengigau. Merupakan ide yang bagus untuk membiasakan diri dengan buah beri dan tanaman liar yang dapat dimakan untuk referensi di masa mendatang ketika berada di alam liar. Juga, saatnya untuk tumbuh dan membuang kata "pilih-pilih" dari kosakata Anda. Ketika datang untuk bertahan hidup, merangkul segala sesuatu dan segala sesuatu (dengan hati-hati) termasuk serangga, telur, buah, daun. Belajarlah untuk membangun beberapa perangkap sederhana untuk menangkap hewan kecil dan jangan hanya mengandalkan satu sumber makanan saja. Protein penting untuk kekuatan, mengetahui berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk kesinambungan utama.

7. API


Membuat api di Hutan

Api merah menyala itu memberikan cahaya dan kehangatan, makanan yang dimasak, kehangatan dan perlindungan dari predator dan serangga liar. Berikut adalah beberapa teknik mencoba dan benar untuk menyalakan menjadi besar:

Bajak Api (memanfaatkan dua gesekan kayu yang menghasilkan bara asap)
Busur dan Bor (Metode Gesekan. Gerakan Mengebor Dengan Busur / BOW DRILL)
Metode Lensa (Menggunakan alat bantu lensa cembung untuk menciptakan panas dan api)
Api dari Es ( Cara ini hampir sama dengan teknik memantik api menggunakan lensa cembung,  Dibutuhkan sinar Matahari yang cukup terik agar sukses melakukannya)
Metode baterai (menggunakan baterai memiliki 2 opsi, tetapi mungkin nanti saya akan menjelaskannya, atau bisa mencari di youtube)

8. ALAT PISAU


Pisau SOS

Bawalah pisau saku, atau multi-alat bersamamu setiap saat, karena kamu tidak pernah tahu kapan kamu akan membutuhkannya - dan ketika kamu membutuhkannya, kamu akan bersukacita bahwa kamu memiliki sesuatu untuk memotong, melindungi dan menyiapkan makanan - bahkan jika semua yang Anda miliki adalah pisau kecil yang jelek. itu masih sangat berguna, dan anda bisa menajamkan nya secara otodidak.

9. PERTOLONGAN


Kode SOS atau Darurat

Kelangsungan hidup adalah prioritas pertama Anda, tetapi jangan lupa - Anda harus diselamatkan juga. Jika ada pesawat terbang di atas kepala anda atau ada pihak pencari di dekatnya. apakah Anda pernah menonton nya seperti di film? - Seperti menyiapkan lubang api raksasa yang mudah terlihat di tempat terbuka atau meletakkan batu dalam pola BANTUAN atau S.O.S. Anda juga dapat menggunakan benda logam mengkilap apa pun untuk keperluan refleksi agar terlihat.

10. NAVIGASI


Navigasi Hutan

Salah satu ide yang baik untuk memiliki kompas dengan Anda setiap saat terutama di hutan, tetapi jika tidak maka apa? Dapatkan sekolah tua dan gunakan bintang-bintang - itu jauh lebih mudah daripada yang Anda pikirkan. Juga, perhatikan sungai, jalan setapak atau punggungan gunung- mengikuti ini dapat menjadi jalan dari beberapa opsi penting.

Metode Bintang kompas : Pergerakan bintang dari posisi semula Anda melihatnya memberi tahu Anda arah mana yang Anda hadapi.

-Jika bintang naik, Anda menghadap ke timur.
-Jika bintang ke bawah, Anda menghadap ke barat.
-Jika bintang bergerak ke kiri, Anda menghadap ke utara.
-Jika bintang bergerak ke kanan, Anda menghadap ke selatan.


Selesai...

Itulah sepuluh hal yang dapat menjadikan pengetahuan di masa depan, Artikel ini di tulis dan dirangkum dari sumber buku tentang Survival Tips Biografi.

Dalam keadaan Survival, Seseorang harus dipaksa untuk keberlangsungan hidup selanjutnya, sudah sewajibnya sebagai individu yang menyukai olahraga outdoor di hutan harus mengerti tentang ilmu bertahan hidup itu sendiri. Kesadaran, berfikir dan mencegahan adalah hal utama yang harus diketahui saat memasuki fase kondisi darurat. Kadang semuanya tidak tanpak nyata, tapi realitisnya seseorang bisa terjebak dan kehilangan arah yang sebenarnya.

Semoga Bermanfaat, Terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda