ESTIMASI Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng, Cocok Untuk Pemula? 3 Jam Cukup. - Sweeper Backpacker -->

Selasa, 13 September 2022

ESTIMASI Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng, Cocok Untuk Pemula? 3 Jam Cukup.

Puncak Gunung Prau

Gunung Prau adalah sebuah gunung yang terletak di provinsi Jawa Tengah, letaknya berada antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.565mdpl, walaupun Prau tergolong gunung yang lebih pendek dari beberapa gunung lain di Jawa Tengah

Namun Gunung Prau sangat populer dengan keindahan luar biasa yang ia miliki, Gunung ini menawarkan keindahan yang seakan tidak terbatas, mulai dari Bukit Teletubis, Panorama Gunung Sindoro, Sumbing, Slamet, dan SunMori serta masih banyak lagi di Gunung Prau.

Jadi tidak heran setiap akhir pekan tiba Gunung ini akan sangat ramai dikunjungi oleh pendaki-pendaki yang ingin menikmati indahnya Gunung Prau.

Prau memiliki Jalur lainnya, Antara :
  • Jalur Prau via Dieng
  • Jalur Prau via Wates
  • Jalur Prau via Kalilembu
  • Jalur Prau via Dwarawati
Noted:
Jika kalian dari Jakarta ingin Menuju Gunung Prau via Patak Banteng kalian bisa membaca Transportasi-nya DI SINI

GUNUNG PRAU VIA PATAK BANTENG :

Pintu Masuk Gunung Prau

Jalur Patak Banteng terletak di Jl. Dieng No.KM. 24, Patakbanteng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia.

Jalur ini memiliki trek yang didominasi tanah berkerikil dan akar yang melebar dengan vegetasi yang cukup terjal sehingga akan lumayan menyulitkan.

Tetapi nilai plusnya Gunung Prau termasuk gunung yang cocok untuk yang baru ingin mencoba naik gunung atau pemula, karena tidak menghabiskan waktu yang lama untuk menuju Puncak Gunung Prau.

BASECAMP PATAK BANTENG :


Sesampainya di Basecamp kalian akan diwajibkan untuk mendaftarkan diri, serta melengkapi administrasi Pendakian hingga pengecekan barang bawaan, karena ada beberapa barang yang tidak boleh dibawa seperti tisu basah dll.

Basecamp Gunung Prau Patak Banteng

Di Basecamp Prau via Patak Banteng banyak tersedia warung yang menjajakan makanan, cemilan, kopi serta aksesoris seperti stiker,kaos dan sebagainya.

Prau via Patak Banteng

MEMULAI PENDAKIAN :

BASECAMP – POS I (30 menit)


Dari basecamp, untuk memulai Pendakian kita harus melewati perkampungan warga terlebih dahulu. Lepas dari perkampungan sekitar 500 meter sampai 1 kilometer, Pendaki memasuki kawasan Persawahan warga.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menggunakan tangga berwarna yang disusun rapih oleh Basecamp.

tangga warna gunung prau

Pemandangan nya berupa sawah ladang milik masyarakat yang cukup memanjakan mata. Perjalanan 30 menit sampai Pos 1

POS I KE POS II (30 menit)

Pos 1 Gunung Prau
Sc : catatanalam

Pos I ini berupa shelter kecil dan juga tersedia beberapa penjual yang menjajakan makanan dan cemilan untuk perjalan

Jalan menuju Pos 2 masih didominasi tanah dan batu, Pemandangan nya masih berupa persawahan warga dan jaraknya tidak jauh berbeda dengan Pos I

POS II KE POS III (60 menit)

Pos 2 Gunung Prau via Patak Banteng
Di sini terdapat lahan lapang kecil, cukup untuk mendirikan 2 tenda saja. Di pos ini juga pendaki mulai memasuki hutan Gunung Prau. Hutan lebat dengan dominasi pohon cemara dan Pinus

Menuju pos III perjalanan mulai sedikit menanjak, dan dari sini juga perjalanan akan semakin menantang karena jalur yang sedikit terjal dan mulai menanjak. 

Membutuhkan waktu sekitar 30 – 60 menit berjalan untuk menuju Pos III

POS III MENUJU BUKIT TELETUBBIES ( 1 jam )

Pos 3 Gunung Prau via Patak Banteng
sc : catatanalam

Pos III ini berupa lahan kecil sebelah kanan, muat untuk 2 tenda. Di pos ini juga hanya berupa hutan saja, tidak ada pemandangan lain selain bukit dan hutan hijau.

Dari pos III menuju Bukit Teletubis jalur menjadi terjal dan menanjak, pendaki harus berhati-hati karena tidak terdapat pegangan di sekitar jalur. Menuju Bukit Teletubbies menghabiskan waktu kurang-lebih 1 jam Perjalanan.

Jalur akar gunung Prau
BUKIT TELETUBBIES KE PUNCAK GUNUNG PRAU (10menit)

Bukit Teletubis Gunung Prau
Di bukit teletubis, pemandangan sangat indah. Bukit teletubis ini berupa gundukan bukit, lahan yang luas dan sebagai camping ground para pendaki. Di bukit ini juga para pendaki biasanya memilih lahan untuk mendirikan tenda.

Tidak jauh dari bukit, puncak sudah terlihat. Berjalanlah ke arah kiri, menaiki bukit, disitu terdapat puncak Gunung Prau. Ditandai dengan plat kecil bertuliskan “Puncak 2565”. Perjalanan menuju Puncak Hanya membutuhkan waktu berjalan sekitar ±5 menit saja.

Puncak Gunung Prau

PUNCAK PRAU

Puncak Gunung Prau

Dari puncak Gunung Prau pendaki dapat menikmati pemandangan serba cantik di antaranya hamparan keindahan bukit teletubbies dan bunga yang sangat menawan. 

Tak hanya itu, kita juga dapat menyaksikan keindahan jajaran Gunung Sumbing, Sindoro, Merapi, Merbabu, dan Slamet. Puncak Gunung Prau sering dijadikan tempat untuk hunting spot Golden Sunrise yang terbukti spektakuler.

ESTIMASI PRAU VIA PATAK BANTENG :
  •  Basecamp – Pos I : 15 – 30 menit
  •  Pos I – Pos II : 15 – 30 menit
  •  Pos II – Pos III : 30 – 60 menit
  •  Pos III – Bukit Teletubbies : 30 – 60 menit
  •  Bukit Teletubbies – Puncak Prau : ±10 menit
Total pendakian Gunung Prau via Patak Banteng cukup memakan waktu kurang-lebih 2 – 4 jam tergantung kecepatan dan kondisi fisik setiap orang dan tergantung cuaca.

Rincian Biaya Masuk Pendakian(2022):
  • Biaya Retribusi : Rp 25.000-,/orang
  • Biaya Parkir Motor : Rp 10.000-,/motor
  • Biaya Parkir Mobil : Rp 20.000-,/mobil
TIPS PENDAKIAN VIA PATAK BANTENG :
  1. Gunakan Sepatu & Peralatan Safety Pendakian
  2. Camp ideal berada di Bukit Sunrise Camp
  3. Pada hari weekend biasanya Prau sangat ramai sampai-sampai terjadi macet di jalur, jadi mulailah pendakian lebih awal agar sedikit terhindar antri di jalur pendakian.
  4. Gunakan pakaian dan aksesoris yang hangat karena Prau termasuk Gunung yang memiliki suhu rendah(bahkan beberapa kali menyentuh angka 0*Drajat)
  5. Gunakan akar-akar di jalur untuk membantu pendakian
  6. Cek Informasi apa saja yang tidak boleh dibawa ke Gunung Prau, karna cukup banyak larangannya.
  7. Himbauan Covid-19 Pendaki wajib mentaati peraturan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, membawa masker dan juga membawa hand sanitizer.
  8. Membawa p3k dan jas hujan
Catatan :

Harap ikuti larangan-larangan yang dikeluarkan oleh pihak Basecamp, karna kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi di Perjalanan, Peraturan di Prau dibuat untuk kebaikan bersama.

Baca Juga :

Sekian Estimasi Pendakian serta tips jalur Gunung Prau via Patak Banteng. Perlu diketahui bahwa estimasi waktu pendakian setiap kelompok selalu berbeda,

Dan Estimasi ini diambil dari Pendakian menggunakan ritme yang tergolong sebat santai.

Manage dan Persiapkan semua hal sejak awal dan sebaik mungkin, kita tidak akan tahu apa yang terjadi di dalam Perjalanan,

Tetapi jika kalian sudah mempersiapkan semua dengan baik, Niscaya semua akan baik-baik saja. Keep safty, keep cleaning , and take back u trash my friends


Terima Kasih. semoga bermanfaat

Bagikan artikel ini

3 komentar

  1. Kira2 jalurnya buat pemula aman kan?solnya baru mau coba naik gunung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat Aman. saya rekomendasikan banget Gunung Prau ini, karna pendakian cukup kurang-lebih 2-3 jam saja plus bonus yang memang pemandangan-nya sangat bagus diatas. yang penting safety, dan jaga kebersihan.

      Hapus