Biaya Transportasi Gunung Binaiya dari Jakarta terbaru 2020 (Darat dan Udara) - Sweeper Backpacker -->

Tuesday, September 22, 2020

Biaya Transportasi Gunung Binaiya dari Jakarta terbaru 2020 (Darat dan Udara)

Estimasi Gunung Binaiya

Gunung Binaiya.  Mental di Bina, fisik di Aniaya. Sepertinya slogan itu cocok untuk menggambarkan Gunung tertinggi yang berada di kepulauan Maluku Indonesia ini.

Gunung Binaia atau Binaiya atau Binaija adalah sebuah gunung yang terletak di Pulau Seram, Maluku di negara Indonesia. Gunung Binaiya merupakan gunung tertinggi di Provinsi Maluku dengan ketinggian 3.027 meter di atas permukaan laut masuk ke dalam wilayah Kabupaten Maluku Tengah. Provinsi Maluku.

Tentang Gunung Binaiya :

Gunung Binaiya adalah salah satu gunung yang masuk dalam daftar Seven Summits Indonesia atau 7 Gunung tertinggi di indonesia, untuk biaya transportasi dari Jakarta menuju gunung ini pun bisa terbilang mahal, karena memang akses dan lokasi nya yang lumayan sulit di jangkau. Gunung ini pun juga memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dengan rentan waktu pendakian 4 - 5 hari perjalanan standar. 

Jalur pendakian sangat bervariasi seperti Mulai dari tanah merah, rumput ilalang, batu kerikil kapur, titian balok kayu, hutan lumut, batuan tajam, jalur tumbuhan pakis, dan jalur sungai kecil (creek). Hanya pasir vulkanik yang tidak ada. sebelum mendaki Gunung Binaiya ada beberapa persyaratan seperti, di haruskan menggunakan porter/guide lokal, mengikuti adat sampai membayar uang foto per team dan beberapa persyaratan lain.

Transportasi : Jakarta - Ambon :

Sebenarnya ada 2 tipe untuk menuju ke Maluku dari Jakarta, yaitu menggunakan jalur Laut dan Udara, untuk meminimalisir budget biasanya pendaki memilih jalur Laut, tetapi banyak juga pendaki yang memilih jalur Udara karna lebih cepat dan lebih nyaman.

Jika menggunakan jalur laut kalian bisa menggunakan Kapal Pelni dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Kota Ambon, biaya nya kurang-lebih 700,000 - 800,000-,ribu dan memakan waktu 4 hari di dalam Kapal Laut hingga tiba di kota Ambon.

Jika menggunakan jalur udara yang pasti kalian menggunakan Pesawat terbang hingga tiba di Bandara Pattimura Ambon. Biaya nya sendiri mulai dari Rp. 2.000.000-, sampai 4.000.000-, tergantung type Pesawat yang di gunakan contohnya, Batik, Lion air, atau Garuda. Jika tidak transit biasanya dapat di tempuh dalam waktu kurang-lebih 4 jam penerbangan.

Start Perjalanan dari Ambon :

Dari Bandara Pattimura Ambon kalian harus melanjutkan menuju Pelabuhan Tulehu di sisi Timur Laut pulau Ambon. Perjalanan akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan angkot, biayanya kurang-lebih 25.000 - 35.000 tergantung negosiasi.

Pelabuhan Tulehu - Pelabuhan Amahai :

Selanjutnya kita harus menyebrang menggunakan Kapal cepat menuju Pelabuhan Amahai di kota Masohi. Kapal cepat di Pelabuhan Amahai hanya beroprasi 2 kali setiap harinya, yaitu di jam 09:00 pagi dan 11:00 pagi untuk pemberangkatan. Biaya nya 130.000-,ribu untuk kelas ekonomi dan 260.000-,ribu untuk kelas VIP dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Pelabuhan Amahai(kota Ambon) - Desa Piliana :

Sesampainya di Amahai kalian harus melanjutkan menuju Desa Piliana dengan melewati Sungai Kawanua di Desa Tohoru, menuju Desa Piliana biasanya menggunakan kendaraan sewaan seperti mobil avanza, luxio atau mobil angkot, lalu kalian akan melewati kota Masohi hingga sampai di Desa Piliana, biayanya lumayan mahal kisaran 800.000 - 1 juta/ bisa di hitung perorarang 100.000-,ribu. perjalanan menghabiskan waktu 4 - 5 jam

Desa Piliana :

Desa Piliana adalah Start titik pertama untuk melakukan pendakian ke Gunung Binaiya, kita harus melakukan perizinan oleh bapak Raja, di sini menjadi proses klarifikasi oleh Bapak Raja. Untuk menghitung jumlah pendaki sesuai dengan Surat Pengantar dari Balai Taman Nasional Manusela, biasanya para pendaki juga harus mengukuti proses Adat untuk pendakian dan harus menyelesaikan beberapa registrasi yang lainnya. Sebelum melakukan pendakian.

Penjelasan :

Itu adalah Estimasi Transportasi biaya menuju Basecamp Gunung Binaiya di Maluku dari Jakarta, perbadaan jauh tampak jelas pada jalur udara dan jalur laut, dimana rentan waktu perbedaan hingga 4 hari perjalanan.

  • perjalanan ke Basecamp menghabiskan waktu kurang-lebih 2 hari jika menggunakan jalur udara. 
  • Jika menggunakan jalur laut kurang-lebih memakan waktu sampai 6 hari perjalanan.

Biaya yang tertera di atas hanya BIAYA TRANSPORTASI untuk menuju ke Basecamp Gunung Binaiya. Biaya tidak termasuk logistik, simaksi, surat kesehatan, jasa porter/guide, dan lain-lain

Ini hanyalah estimasi perjalanan, usahakan membawa uang lebih/tidak cekak, karna perjalanan setiap orang pasti berbeda-beda dan artikel ini hanya membahas tentang biaya transportasi, jadi untuk biaya logistik dll tidak dijelaskan ya.

Ringkas Biaya :

  • Ringkas Biaya : Ambon - Basecamp :
  • Jakarta - Ambon (Pesawat) : 2.000.000 - 4.000.000 juta. 4 jam(jika tidak transit)
  • Jakarta - Ambon (Kapal Laut) : 800.000 ribu. kurang-lebih 4 hari di kapal laut.
  • Bandara Pattimura - Pelabuhan Tulehu : per orang seharga 25.000 - 35-000 Ribu.
  • Pelabuhan Tulehu - Pelabuhan Amahai : Kapal Cepat. Per orang seharga 130.000 Ribu.
  • Pelabuhan Amahai - Kota Masohi - Desa Tehoru - Sungai Kawanua - Desa Piliana : Mobil sewa (avansa atau angkot). Per orang seharga 100.000ribu atau 1 mobil 800 - 1 juta.

Yang Lainnya :

  • Simaksi Binaiya: 25.000 Ribu.
  • Jasa Porter : 150.000 Ribu untuk 1 hari
  • Biaya foto per team/kamera : 250.000/kelompok

Note : Jika ada yang kurang mohon di tambahkan di komentar ya. Terimakasih

Seperti itulah Informasi pengetahuan tentang perjalanan dari Jakarta menuju ke Gunung Binaiya via Desa Piliana, Maluku. bagi kalian yang ingin menjajal Gunung ini sebaiknya persiapkan dan rencanakan segala nya dengan baik, termasuk system logistik, skema jam perjalanan dan tentu fisik yang prima dan pengetahuan yang cukup dalam perjalanan serta lakukan manajeman tentang perjalanan sebaik-baik mungkin.

Dimana Bumi di Pijak, di situlah Langit di Junjung. Jaga kebersihan, Keep safety dan bawa turun semua Sampahmu.

Estimasi tidak akan selalu sesuai dengan gambaran perjalanan sesungguhnya, jadi persiapkan semua dengan matang. Kita tidak akan tau apa yang akan terjadi dijalan/dipendakian, tapi jika kita sudah dipersiapkan semua dari awal sebaik mungkin, insyaallah semua akan baik-baik saja.

Semoga bermanfaat. dan jangan lupa share ya. Terima Kasih

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda