Pendakian Gunung Gede via Putri terbaru 2021, 7 jam menggapai Puncak 2958 mdpl - Sweeper Backpacker -->

Tuesday, January 26, 2021

Pendakian Gunung Gede via Putri terbaru 2021, 7 jam menggapai Puncak 2958 mdpl

Pendakian Gunung Gede via putri

Haloooo...Akhir September 2020 adalah terakhir mimin menulis artikel, tapi diawal tahun ini admin mau coba nulis lagi dengan sedikit gaya baru kwkw Nah untuk postingan pertama di 2021 ini admin bakal coba share estimasi, rute dan perjalanan terbaru serta tips tips pendakian Gunung Gede via Putri ya.

Oiya kabar baik untuk para pendaki, karna menurut edaran resmi akun Instagram Gunung Gede Pangerango, Pendakian akan dibuka kembali pada akhir Januari, tepatnya tanggal 31 Januari

Tetapi mungkin dengan protokol kesehatan yang ketat karena masih dalam pandemi Corona bngst ini kan, karna saat artikel ini mimin buat, Gede Pangerango sedang dalam pemulihan ekosistem/ditutup.

Surat resmi pembukaan Gunung Gede Pangerango
Edaran Resmi TNGGP

Cuss lanjut ke artikel :

Tentang Gunung Gede :

Gunung ini berada di dua wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 - 2.958 m. dpl, dan berada pada lintang 106°51' - 107°02' BT dan 64°1' - 65°1 LS.

Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas. sumber Wikipedia

Peta Gunung Gede Pangrango
Sumber :Doc by : www.gedepangrango.org


Gunung Gede via Putri

Gunung Putri sendiri adalah nama jalan yang berada di Desa Sukatani, Kec. Pacet, Kab. Cianjur, Jawa Barat, nah inilah yang biasa di sebut jalur Gunung Gede via Putri. 

Menurut mimin jalur ini adalah jalur favorite bagi pendaki pencinta Gunung Gede, bukan tanpa alasan, jika wekkend tiba jalur ini menjadi jalur yang paling ramai dilewati para pendaki, sampai-sampai harus mengantri untuk berjalan, yaa mirip-mirip seperti pasar gitu, tapi ini bedanya di hutan. dan jalur ini adalah jalur tercepat menuju Alun-alun Suryakencana ya.

Estimasi Waktu pendakian Gunung Gede


Mulai Pejalanan :

Pada akhir 2020 lalu admin kembali mendaki Gunung Gede via putri dengan 5 orang teman admin, berbekal makanan dan alat seadanya admin berangkat dari jakarta menggunakan motor waktu malam hari, karna siang panas cuk.

Perjalanan menggunakan motor menghabiskan waktu kurleb 4 jam dari jakarta hingga sampai di basecamp pada jam 2 pagi.

Menuju Gunung Gede

Rasanya sangat kurang istirahat karna admin harus memulai pendakian pada jam 5 pagi, alhasil admin selalu tidak bisa tidur ketika akan mendaki pagi hati eh hari.

Note : mungkin karena jalur putri yang terus di guyur hujan berhari hari menjadi agak berbeda dari biasanya, jalurnya masih tergolong jelas, tetapi bertambah licin dan ada beberapa pepohonan yang tumbang di jalur.

Sesudah bergadang beberapa jam, sudah saatnya sarapan dan pack ulang untuk melakukan pendakian, tepat di jam 5 mimin memulai perjalanan langsung menuju Pos I. CUSSSSS

Memulai Pendakian :

 Balai GPO Gunung Gede via Putri :

Balai ini adalah tempat terakhir pengecekan perijinan untuk melakukan pendakian dan pengarahan mendaki, serta tempat untuk mengurus simaksi dan melakukan cek kesehatan untuk setiap pendaki yang akan melalakukan pendakian. 

Balai ini buka nya jam 8 pagi ya, jika ingin mendaki usahakan datang lebih awal saat weekend karna akan mengantri untuk cek kesehatan.

Balai GPO - Legok Leunca pos I :

Pintu masuk jalur Pendakian Gunung Gede

Target pertama mimin adalah Menuju Pos I Legok Leunca, atau bisa dibilang pos selamat datang. Di jalur ini melewati perkebunan-perkebunan warga maupun ladang pertanian. 

Untuk dapat sampai di pos ini mimin memakan waktu 1 jam. jalur masih bervariasi antara tangga batu dan tanah serta vegetasi yang masih cukup terbuka.

Legok Leunca - Buntut Lutung pos II :

Pos selanjutnya ialah pos II yaitu Pos Buntut Luntung. Menurut mimin mulai dari pos ini perjalan bisa dikatakan mulai lumayan berat karena medan yang dilewati lumayan terjal.

Dari pos Legok menuju pos Butut Luntung, memakan waktu 1 jam dengan beberapa kali istirahat dan berjalan santai gan. track sudah mulai didominasi tanah dan akar dan vegetasi semakin tertutup.

Buntut Lutung - Lawang Seketeng pos III :

Selanjutnya mendaki ke pos Lawang Sekateng atau Pos III. perjalanan ditempuh selama 1 jam 30 menit Menuju pos III. sudah sangat jarang jalan datar, jalan akan terus menanjak sampai sampai di pos IV.

Jalur Gunung Gede via Putri

Track akan didominasi tanah dan akar serta sesekali batu krikil pemanis perjalanan, vegetasi sudah sangat tertutup oleh pepohonan rimbun.

Lawang Sekateng – Simpang Meleber pos IV :

Pos Simpang Maleber

Menuju pos IV atau Simpang Maleber adalah pos terpanjang yang ada di jalur Gunung Gede via Putri yang mimin rasain, perjalanan Memakan waktu sekitar 2 jam - 3 jam tergantung kecepatan.

Track didominasi tanjakan terjal dan akar-akar yang setia menjadi pijakan uwuww,  tetapi vegetasi sudah sangat tertutup ya.

Zona Rimba Gunung Gede via Putri

Simpang Meleber – Surya Kencana Pos 5 :

Pos 5 Gunung Gede via Putri

Ini adalah Pos terakhir ketika ingin menuju Suryakencana, perjalanan tidak memakan waktu lama, kurang-lebih hanya 1 jam hingga sampai di Suryakencana Gunung Gede Pangerango.

Jalur tergolong terjal dengan akar-akar pohon sebagai pijakan aman, tetapi vegetasi mulai terbuka, hingga mimin tiba di jalan datar sebelum Suryakencana.

Suryakencana :

Alun Alun Suryakencana Gunung Gede
Suryakencana

Menurut mimin, Surya Kencana adalah Sabana atau padang rumput datar yang sangat indah mempesona milik Gunung Gede Pangerango yang sangat luas.

Alun alun suryakencana

Biasanya tempat ini adalah tempat favorite para pendaki bermalam tetapi tempat inilah juga yang menjadi nilai plus dari Gunung Gede karna selain Indah dan memiliki rumput kecoklatan yang luas, tempat ini juga menjadi ladang bunga Edelweis/Bunga Abadi yang menjadi tambahan daya tarik pendaki yang ingin melihat langsung atau berfoto-foto.

Bunga Edelweis Gunung Gede
Bunga Edelweis

Oiya terdapat mata air di arah Timur Suryakencana ini, tetapi jika ingin mengambil air, Ambilah di mata air mengucur yang sudah ada, jangan mengambil di aliran sungai, karna sudah tercemar oleh pendaki-pendaki gob*ok.

Surya Kencana - Puncak Gunung Gede :

Summits Puncak Gunung Gede

Dari Suyakencana menuju Puncak Gunung Gede tidak lah jauh, jalur hanya didominasi tangga batu hingga sampai di Puncak, menuju Puncak hanya memakan waktu 30-50 menit perjalanan saja.

Vegetasi sangat terbuka karna hanya di isi pepohonan kecil ke arah Puncak Gunung Gede.

Puncak Gunung Gede :

Puncak Gede di tandai oleh Tugu batu bertuliskan Puncak Gunung Gede 2958 Mdpl, jika cuaca sedang bagus pemandangan akan sangatlah indah, dari puncak ini terlihat jelas gagah nya Puncak Pangerango, dan lautan awan yang setia melukis langit-langit serta perbukitan yang menjulang di dataran Taman Nasional Gunung Gede Pangerango.

Pemandangan Puncak Gunung Gede Pangrango
view Puncak Gunung Gede
Tugu Puncak Gunung Gede
Tugu Puncak Gunung Gede


Sekian tentang Informasi jalur pendakian Gunung Gede via Putri. Semoga bermanfaat...

Ringkasan Estimasi Pendakian :

Basecamp – Legok Leunca (1 jam)

Legok Leunca – Buntut Lutung ((1 jam)

Buntut Lutung – Lawang Sekateng (1 jam 30 menit)

Lawang Sekateng – Simpang Maleber (2 jam 30 menit)

Simpang Maleber – Alun-alun Surya Kencana Timur (1jam)

Alun-alun Surya Kencana – Puncak Gunung Gede (30 menit)

Total Waktu Pendakian : 7 jam 30 menit.

Untuk perjalanan turun tidak begitu lama melewati jalur putri ini, kurang-lebih hanya setengah dari perjalanan pergi mendaki menuju puncak, jadi tinggal dikurangkan saja.

Akan tetapi untuk perjalanan turun harus tetap dengan kehati-hatian tinggi, karna jalur turun akan lebih licin dan harus lebih bijak dalam memilih pijakan.

TIPS Pendakian Gunung Gede via Putri :

1. Diwajibkan untuk menggunakan Sepatu dengan standar safety, karena jalan cukup didominasi akar sehingga berbahaya jika memakai sendal untuk menghindari resiko tertusuk akar di track.

2. Membawa jaket hangat/jaket gunung jika ada, karna saat malam hari suhu akan berbeda drastis saat sudah memasuki hutan

3. Membawa P3K wajib.

4. Bawa jas hujan untuk berjaga-jaga, terlebih pada musim hujan seperti ini.

5. Minimal melakukan pendakian dengan 3 orang

6. Tempat paling edeal untuk membuka Tenda dan bermalam adalah Alun-Alun Suryakencana.

7. Usahakan membuka tenda di Alun-alun Barat Suryakencana, karna lebih dekat jika ingin melakukan summits puncak. 

8. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena hembusan angin waktu malam hari.

Tentang Jalur Gunung Gede via Putri :

1. GPO(Gede Pangerango Operation) adalah tempat untuk mengurus Simaksi(Surat izin masuk kawasan korservasi) dan untuk mengecek kesehatan setiap pendaki yang datang, serta pengecekan barang-barang bawaan para pendaki dan melakukan panduan ketika akan mendaki.

2. Setiap Pos di jalur via Putri terdapat Shelter berupa hunian untuk berteduh.

3. Track bervariasi, tetapi didominasi tanah dan akar-akar untuk pijakan, sesekali juga terdapat bebatuan.

4. Pos ideal untuk membuka tenda adalah Pos 3 dan Alun-alun Suryakencana.

5. Terdapat mata air di Alun-alun Barat Suryakencana. air yang bersih adalah air yang berada di kucuran kecil, sedangkan air di aliran kali sudah sangat tercemar.

Itulah Estimasi Pendakian serta tips tips Gunung Gede via Putri, Cianjur, Jawa Barat. Perlu diketahui bahwa estimasi waktu mendaki berbeda-beda setiap orang, Estimasi ini diambil dari Pendakian menggunakan ritme tergolong santuy untuk waktu pendakian.

NB: Estimasi waktu pendakian tergantung pada kondisi fisik, kondisi mental, jumlah rombongan, kondisi cuaca, berapa lama berhenti untuk selfie & banyaknya waktu istirahat untuk sebat. keep safety dan bawa turun sampahmu.


TERIMAKASIH, SEMOGA BERMANFAAT.

Bagikan artikel ini

2 comments