Transportasi Biaya dari Jakarta ke Gunung Latimojong via Dusun Karangan Terbaru 2020 - Sweeper Backpacker -->

Monday, September 21, 2020

Transportasi Biaya dari Jakarta ke Gunung Latimojong via Dusun Karangan Terbaru 2020

Jakarta ke Gunung Latimojong
Gunung Latimojong, adalah Gunung yang terletak di Sulawesi Selatan, Gunung ini masuk dalam radar 7 (tujuh) Gunung tertinggi di indonesia dengan menepati urutan ke 5 (Lima) di bawah Mahameru(4) di Jawa Timur.

Meski terletak di Sulawesi selatan yang lumayan jauh dari ibukota Jakarta tak membuat Gunung ini sepi pengunjung, beberapa pendaki rela merogoh budget yang tidak sedikit untuk sampai pada Puncak Rante Mario(3,478 Mdpl). 

Gunung ini juga terletak di antara 4 kabupaten, Kabupaten Enrekang, Tana Toraja, Sidenreng Rapang, dan Kabupaten Luwu.

Kali ini saya mencoba berbagi Informasi bagaimana akses perjalanan dan transportasi menuju Gunung Latimojong via Dusun Karangan dari titik awal Jakarta dengan menggunakan Transportasi darat dan air. Simak artikel berikut ya...

Tentang Dusun Karangan :

Dusun Karangan adalah suatu desa yang terletak di Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Jalur Dusun Karangan ini adalah jalur paling ter favorite bagi para Pendaki yang menjajakan kaki di Tanah Sulawesi ini, jalur yang tergolong jelas dan memiliki tingkat kesulitan bervariasi. Jadi sangat cocok untuk para pendaki yang kelelahan karna perjalanan. dua jalur lainnya ada di Jalur pendakian via Kecamatan Mingkendek, Tana Toraja dan di Jalur pendakian via Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu.

Berikut Artikelnya :

Informasi ini di tulis bertujuan untuk memberi gambaran pada perjalanan aslinya, tentu estimasi waktu, biaya sudah pasti berbeda - beda setiap orang dengan berbagai versi, yang paling cepat dan nyaman tetap saja jika kalian menggunakan Pesawat terbang hingga sampai di Sulawesi, namun yang akan saya bahas kali ini adalah melalui jalur darat dan perairan, untuk sedikit meminimalisir budget perjalanan.

Jakarta - Surabaya :

Perjalanan dilakukan dengan menggunakan Bus dari terminal Kampung Rambutan menuju Terminal Purabaya/Bungurasih Surabaya. lama perjalanan memakan waktu 17 - 21 jam lamanya, kalian bisa memilih Bus seperti Sinar Jaya, Sugeng Rahayu atau yang lainnya. Biaya nya sendiri berkisar kurang lebih 210,000 - 250,000-,ribu untuk satu kali perjalanan.

Sesampainya di Purabaya kalian harus melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Tanjung Perak

Terminal Purabaya - Tanjung Perak :

Dari Terminal Purabaya menuju Tanjung perak tidak terlalu jauh, perjalanan hanya menghabiskan waktu kurang-lebih 2 jam dengan menggunakan Bus langsung dari Terminal Purabaya, Biaya nya sendiri berkisar 15,000 - 20,000-,ribu saja.

Pelabuhan Tanjung Perak - Makassar (Pelabuhan Sokarno - Hatta) :

Sesampainya di Pelabuhan Tanjung Perak, kalian harus melanjutkan perjalanan Air menggunakan Kapal Laut menuju Makassar, Kapal yang digunakan adalah Kapal jenis Pelni, tarifnya kurang-lebih Rp. 272,000-,(Dewasa)  dan Rp 32,000-,(Anak-Anak) untuk satu kali pemberangkatan. Jika kalian tidak biasa naik Kapal Laut, mungkin kalian akan mulai terbiasa, karna lama perjalanan memakan waktu 28 - 32 jam tergantung cuaca perairan.

  1. Biasanya kapal Pelni memiliki pemberangkatan jam atau jadwal tertentu saat berangkat, disarankan untuk memesan tiket dari jauh-jauh hari untuk lebih baiknya.
  2. Pemberangkatan Kapal Pelni sebenarnya bisa dilakukan dari Pelabukan Tanjung Priok Jakarta langsung menuju Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, tetapi mamakan waktu kurang-lebih 48-68 jam lamanya, biaya berkisar Rp,432,000-,ribu untuk sekali perjalanan.

Pel Sokarno Hatta(Makassar) - Kecamatan Baraka :

Sesampainya di Makassar kalian akan di hadapkan dengan beberapa pilihan transportasi menuju Kec, Baraka, tetapi yang paling sering di gunakan adalah kendaraan bus/travell menuju Kabupaten Enrekang, hingga sampai di Kec, Baraka, biaya nya sendiri berkisar antara Rp, 100,000 - 150,000-,ribu. Perjalanan menghabiskan waktu kurang-lebih 10-12 jam perjalanan.

Kecamatan Baraka - Dusun Karangan :

Dari Baraka kalian masih harus melanjutkan perjalanan menuju desa Dusun Karangan yang dimana ada start awal Pendakia Gunung Latimojong, Perjalanan menuju Karangan menghabiskan waktu 1-2 hari jika kalian berjalan kaki. Tetapi rata-rata dari pendaki memilih untuk naik ojek / mobil jeep yang tersedia di Baraka yang siap mengantar sampai Basecamp Karangan, karna lumayan jauh dan cukup terjal biaya nya pun lumayan mahal, Ojek berkisar Rp, 150,000 - 300,000-,ribu tergantung kondisi jalan. Untuk mobil jeep biaya nya berkisar Rp. 600,000 - 1 Juta (terdiri dari beberapa orang). Waktu tempuh kurang-lebih 4 jam.

  1. Jika hari Senin dan Kamis biasanya ada mobil truk pasar yang melintas dari Baraka - Dusun karangan, kalian bisa menumpang dengan biaya kurang-lebih Rp. 100,000-,ribu perorang  untuk sampai di Dusun Karangan, lumayan kan buat ngirit ongkos perjalanan.
  2. Biaya ojek lebih mahal jika cuaca hujan dan jalan licin, biasanya diatas 200ribu
  3. Untuk menaiki jeep lebih baik berkelompok karna lumayan mahal.

Note : Ini hanyalah estimasi perjalanan, usahakan membawa uang lebih/tidak cekak, karna perjalanan setiap orang pasti berbeda-beda dan artikel ini hanya membahas tentang biaya transportasi, jadi untuk biaya logistik dll tidak dijelaskan ya.

Ringkasan estimasi perjalanan :

  • Term Kampung Rambutan(Jakarta) - Term Purabaya (Surabaya) : Rp. 210,000 - 250,000-,ribu. waktu 17 - 21 jam
  • Term Purabaya - Tanjung Perak : Rp. 15,000 - 20,000-,ribu. waktu kurang-lebih 2 jam
  • Tanjung Perak - Makassar(Pel SoekarnoHatta): Rp. 272,000-,(Dewasa)  dan Rp 32,000-,(Anak-Anak). waktu 28 - 32 jam
  • *Tanjung Priok(Jakarta) - Makassar(Pel SoekarnoHatta) :Rp,432,000-,ribu. waktu kurang-lebih 48-68 jam
  • Makassar(Pel SoekarnoHatta) - Enkrang - Baraka : Rp, 100,000 - 150,000-,ribu. waktu kurang-lebih 10-12 jam
  • Baraka - Dusun Karangan :Ojek Rp,150,000 - 300,000-, / Jeep Rp, 600,000 - 1 Juta. Waktu tempuh kurang-lebih 4 jam.
  • Total Biaya : Kurang - Lebih Rp. 800,000-,ribu untuk satu kali perjalanan menuju Gunung Latimojong( via Tanjung Perak).
  • Total Biaya : Kurang - Lebih Rp. 700,000-,ribu(Via Tanjung Priok)

Total biaya di atas hanya di jumlahkan untuk Biaya estimasi pemberangkatan perjalanan pergi saja ya. jika ingin tahu keseluruhan biaya sampai kembali ke rumah tinggal di tambahkan saja.

Seperti itulah Informasi pengetahuan tentang perjalanan dari Jakarta menuju ke Gunung Latimojong via Dusun Karangan, bagi kalian yang ingin menjajal Gunung ini sebaiknya persiapkan dan rencanakan segala nya dengan baik, dengan rencana yang terarah akan mempermudah kita dan memperlancar perjalanan jauh.

Itu adalah sedikit gambaran tentang estimasi perjalanan dari Jakarta ke Gunung Latimojong Sulawesi Selatan.

Estimasi tidak akan selalu sesuai dengan gambaran perjalanan sesungguhnya, jadi persiapkan semua dengan matang. Kita tidak akan tau apa yang akan terjadi dijalan/dipendakian, tapi jika kita sudah dipersiapkan semua dari awal, insyaallah semua akan baik-baik saja.

Keep safety. Jaga kebersihan dan bawa turun sampahmu.

Semoga bermanfaat. dan jangan lupa share ya. Terima Kasih

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda