(Terbaru 2022) Transportasi Biaya ke Gunung Cikuray via Pemancar dari Jakarta. Pp 250/orang - Sweeper Backpacker -->

Monday, May 16, 2022

(Terbaru 2022) Transportasi Biaya ke Gunung Cikuray via Pemancar dari Jakarta. Pp 250/orang

Biaya Transportasi Gunung Cikuray

Gunung Cikuray adalah sebuah gunung bertipe Stratovolcano yang terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia

Tentang Gunung Cikuray

Gunung Cikuray memiliki ketinggian 2821 Meter diatas permukaan laut yang menjadikan Cikuray sebagai Gunung tertinggi ke 4 di Jawa Barat dan menjadi Gunung tertinggi di kabupaten Garut.

Terkenal karena jalur yang tergolong ekstrim menjadikan tantangan tersendiri untuk beberapa pendaki, Pemandangan Gunung ini juga tidak bisa diremehkan, Cikuray memiliki Sunrise dan Sunset yang sangat indah karena vegetasi Puncaknya yang terbuka.

Namun kalian harus extra hati-hati ketika bertemu dengan dengan Babi hutan gunung Cikuray, beberapa kali mereka mengganggu para pendaki yang melintasi dijalur pendakian untuk mencari makanan,

Karena sejak dulu ada pendaki usil yang sebelumnya pernah memberi mereka makan, kini Babi-babi itu terbiasa mencari makanan ke manusia, alhasil semakin lama mereka semakin berani dan lebih agresif kepada para pendaki.

Setidaknya ada 7 Jalur Pendakian Gunung Cikuray antara lain :

  • Gunung Cikuray via Pemancar
  • Gunung Cikuray via Kiara Jenggot
  • Gunung Cikuray via Boyongbong
  • Gunung Cikuray via  Tapak Geurot
  • Gunung Cikuray via Pamalayan
  • Gunung Cikuray via Cikajang

Dan kali ini saya akan mengulas informasi Transportasi Biaya ke Gunung Cikuray via Pemancar dari Jakarta, sebab, Via Pemancar adalah jalur terfavorite para pendaki dan akses menuju kesini juga tergolong mudah,

lalu untuk mode transportasinya sendiri saya akan menggunakan Bus antar Kota untuk meminimalisir Biaya perjalanan.

Berikut Artikelnya

Jakarta - Garut

Terminal Kampung Rambutan menuju ke Terminal Guntur Garut

Langkah pertama adalah menggunakan Bus dengan jurusan ke Terminal Guntur Garut, untuk biaya nya sendiri relatif murah berkisar Rp 80.000-100.000/Orang, ada beberapa pilihan Bus di Kampung Rambutan seperti Agen Karunia Bakti atau Primajasa yang siap ditumpangi hingga tiba di Terminal Guntur.

Perjalanan menuju Garut ditempuh dengan waktu yang tidak begitu lama, kurang-lebih hanya sekitar 4-5 jam perjalanan saja tergantung lalu lintas.

Noted : jika kalian terlalu jauh menuju Terminal Kampung Rambutan, kalian bisa mencari alternatif Terminal lain disekitar yang menyediakan pemberangkatan ke Terminal Guntur Garut.

Terminal Guntur Garut ke Basecamp Cikuray via Pemancar

Sesampainya di Terminal Guntur akses paling mudah untuk mencapai Basecamp Gunung Cikuray via Pemancar adalah menggunakan Charter mobil Losbak/pickup.

untuk menuju Basecamp sebenarnya sudah tidak terlalu jauh, kurang-lebih 1 jam perjalanan, namun sebelum sampai kalian harus melewati jalur bebatuan menanjak hingga tiba di Basecamp via Pemancar.

Biayanya sendiri berkisar Rp 200.000-350.000-,/mobil, untungnya satu mobil dapat menampung hingga 10 Orang Pendaki sekali jalan, jadi kalian tinggal memecah harga saja.(Contoh : 300 : 10 = Rp 30.000/kepala).

jika kalian berangkat berdua atau bertiga alternatif lain bisa menggunakan angkutan umum(angkot) lalu dilanjutkan menggunakan ojek menuju ke Basecamp Cikuray via Pemancar, dengan kisaran Rp 50,000-./orang

Basecamp Cikuray via Pemancar

Basecamp via Pemancar menjadi akses utama dan start awal untuk menuju ke Puncak Gunung Cikuray, sesampainya di sini kalian masih harus mengurus beberapa hal, seperti Surat izin Pendakian atau Simaksi dan beberapa berkas pendukung serta membayar biaya tiket izin perorangan.

Ringkasan Estimasi :

  1. Terminal Kp Rambutan - Terminal Guntur Garut : Rp 80.000-100.000-,/orang
  2. Terminal Guntur Garut - Basecamp Pemancar (Carter losbak) : Rp 200.000-350.000/mobil dan menampung kurang lebih hingga 10 orang, Contoh : 300 : 10 = 30/Orang.
  3. Total : Rp 110-000-130.000 untuk satu kali pemberangkatan.
  4. Jika di akumulasikan pulang-pergi menjadi Rp 220.000-260.000/orang

Noted : Terminal Guntur juga menjadi akses menuju gunung-gunung yang berada di Garut, seperti Papandayan, Guntur dan tentu Cikuray, apabila kalian ingin mencoba selain jalur Cikuray via Pemancar juga bisa menggunakan terminal ini hanya dengan mengganti tujuan Basecamp.

Baca Juga :

Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Hipotermia ketika Mendaki Gunung

Biaya Transportasi Darat ke Gunung Rinjani via Sembalun dari Jakarta terbaru 2022

Biaya Transportasi Kereta ke Gunung Semeru via Ranu Pani dari Jakarta

16 Cara Mengurangi Rasa Dingin Ketika Mendaki Gunung, Terbaru dan Spesifik

Tips

  • Ketika sampai di Terminal Kampung Rambutan hindari calo-calo yang menawarkan harga tinggi.
  • Lakukan negosiasi ketika menyewa mobil pickup.
  • Jika kalian berangkat sendiri atau hanya berdua disarankan untuk menggunakan Angkutan umum sampai di pertigaan Kebun Teh lalu dilanjutkan menggunakan ojek menuju Basecamp Pemancar.
  • Biaya Angkutan umum(angkot) sampai Kebun teh berkisar 6-10 ribu dan Ojek menuju Basecamp kisaran 30-40ribu
  • Ta'ati peraturan-peraturan yang ada di Basecamp Gunung Cikuray via Pemancar
  • saat dalam pendakian jangan pernah memberikan makanan jika bertemu dengan babi hutan, hal itu membuat insting berburu mereka hanya bergantung kepada manusia

Itulah Estimasi Pendakian Gunung Cikuray via Pemancar dari Jakarta, menurut saya Cikuray pantas menjadi destinasi papan atas di jawa barat, selain mode transportasi yang mudah di akses gunung ini juga menawarkan pemandangan yang sangat bagus ketika pagi siang bahkan malam ketika lampu kota mulai menyala.

dan Ini hanyalah estimasi perjalanan, usahakan membawa uang lebih/tidak cekak, karna perjalanan setiap orang pasti berbeda-beda dan artikel ini hanya membahas tentang biaya transportasi, jadi untuk biaya logistik dll tidak dijelaskan ya.

Itu adalah sedikit gambaran tentang estimasi perjalanan transportasi dari Jakarta menuju ke Gunung Cikuray Garut.

Estimasi tidak akan selalu sesuai dengan gambaran perjalanan sesungguhnya, jadi persiapkan semua dengan matang. Kita tidak akan tau apa yang akan terjadi dijalan/dipendakian, tapi jika kita sudah dipersiapkan semua dari awal, semoga semua akan baik-baik saja.


Keep safety. Jaga kebersihan dan bawa turun sampahmu 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda