(Terbaru 2022) Transportasi Biaya ke Gunung Sindoro via Kledung dari Jakarta, pulang pergi cukup 300ribu - Sweeper Backpacker -->

Monday, May 16, 2022

(Terbaru 2022) Transportasi Biaya ke Gunung Sindoro via Kledung dari Jakarta, pulang pergi cukup 300ribu

Transportasi dari Jakarta ke Gunung Sindoro

Gunung Sindoro adalah nama lain dari Sindara atau Sundoro, memiliki ketinggian 3153 meter diatas permukaan laut dan terletak di antara kabupaten Wonosobo dan kabupaten Temanggung – Jawa Tengah, Indonesia.

Tentang Gunung Sindoro

Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung yang ramai dikunjungi di Jawa Tengah. Letaknya bersebelahan dengan Gunung Sumbing yang kerapkali disebut sebagai Gunung Kembar.

Sindoro ini memiliki keunikan dari puncak gunung lainnya, yaitu memiliki puncak yang sangat luas dibandingkan gunung-gunung lain serta nilai plus dari keindahan Puncak yang sangat memukau dan memiliki julukan Triple S Jawa Tengah yang artinya, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Slamet

menurut catatan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, Gunung Sindoro terakhir kali meletus pada tahun 1910 atau 101 tahun silam.

Sindoro setidaknya memiliki 6 jalur Resmi untuk Pendakian :

  1. Sindoro via Kledung(Tamanggung)
  2. Sindoro via Alang-Alang Sewu(Wonosobo)
  3. Sindoro via Ndoro Arum(Wonosobo)
  4. Sindoro via Sigedang(Wonosobo)
  5. Sindoro via Bansari(Tamanggung)
  6. Sindoro via Bedakah(Wonosobo)

Kali ini saya akan memilih dan membahas Transportasi dari Jakarta menuju ke Gunung Sindoro via Kledung

Tentang Jalur Kledung

jalur ini terletak di  Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia. Jalur Sindoro via Kledung adalah jalur terfavorite beberapa pendaki,

selain akses menuju Basecamp yang mudah, jalur ini juga tergolong memiliki rute yang jelas, serta tersedianya pedagang-pedagang lokal disetiap Pos pendakian Gunung Sindoro via Kledung,

jadi kalian tidak perlu khawatir kehabisan logistik ya, hanya saja harus kuat-kuat kantong hehe.

Mulai Pejalanan

Terminal Jakarta menuju Terminal Mendolo Wonosobo

Start awal kalian bisa mencari dan memesan Bus dengan jurusan ke Terminal Mendolo, Wonosobo,

di Jakarta sendiri banyak terminal-terminal serta Agen yang menyediakan rute perjalanan menuju ke sana seperti, Sinar jaya, Murni Jaya, Dieng Indah dan lain-lain

Biayanya sendiri tergolong standard berkisar Rp 100.000 - 150.000 untuk satu kali perjalanan dan ditempuh dengan waktu kurang-lebih 9-12 jam tergantung kondisi lalu lintas.

Terminal Mendolo Wonosobo menuju ke Basecamp Sindoro via Kleudung

Sesampainya di Terminal Mendolo Wonosobo kalian hanya tinggal melanjutkan perjalanan langsung menuju ke Basecamp Gunung Sindoro via Kledung.

Akses menuju basecamp bisa terbilang mudah dan pilihan transportasi nya pun sangat beragam mulai dari Elf, mobil angkot, mobil pickup atau Ojek Pangkalan,

Lama perjalanan ditempuh sekitar 30 menit - 1 jam menuju Basecamp, Biaya nya pun berkisar Rp 20.000 - 30.000/Orang

Basecamp Gunung Sindoro via Kledung

Nah di Basecamp ini menjadi titik awal mula pendakian ke Gunung Sindoro, lokasinya tepat berada dipinggir jalan,

namun sebelum memulai Pendakian, Pendaki diharuskan untuk mengisi formulir untuk setiap anggota kelompok beserta logistik yang dibawa, juga membayar biaya izin Pendakian atau Simaksi.

Basecamp ini memiliki fasilitas yang sangat baik dan memiliki aula yang cukup besar untuk istirahat para pendaki, jadi kalian tidak perlu khawatir mencari tempat singgah setibanya disini.

Ringkasan Estimasi :

  1. Terminal Jakarta - Terminal Mendolo, Wonosobo : Rp 100.000-150.000/Orang
  2. Terminal Mendolo Wonosobo - Basecamp Kledung : Rp 20.000-30.000/Orang
  3. Total untuk satu kali perjalanan menghabiskan sekitar Rp 120.000-180.000
  4. Jika ingin mengakumulasi pulang dan pergi berkisar Rp 240.000-310.000 hingga kembali pulang ke Jakarta

Menurut saya menuju Gunung Sindoro via kledung memiliki akses dan cukup mudah dan jelas,

setidaknya kita hanya melakukan satu kali transit hingga sampai di kecamatan Kledung, biayanya sendiri tergolong standard.

Noted : Sedikit informasi Terminal Mendolo adalah terminal utama di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, ketika kalian tiba di sini,

tentu kalian tidak hanya bisa mendaki Gunung Sindoro saja, kalian juga dapat mencoba ke gunung-gunung lainnya seperti Gunung Prau, Sikunir, Gunung Sumbing dan tentu menjajal kawasan wisata Dieng.

Baca Juga :

Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Hipotermia ketika Mendaki Gunung

Biaya Transportasi Darat ke Gunung Rinjani via Sembalun dari Jakarta terbaru 2022

Biaya Transportasi Kereta ke Gunung Semeru via Ranu Pani dari Jakarta

16 Cara Mengurangi Rasa Dingin Ketika Mendaki Gunung

Tips : Jago Nego saja untuk meminimalisir Biaya perjalanan, karna perjalanan simple dan mudah untuk di akses

Biaya ini berlaku untuk pendakian Solo/kelompok ya, karna sama saja,tetapi lebih baik berkelompok sih hehe dan Estimasi Terminal Berlaku untuk daerah Jakarta dan sekitarnya.

Itulah Estimasi Pendakian Gunung Sindoro via Kledung dari Jakarta, menurut saya Sindoro pantas menjadi destinasi papan atas di jawa tengah, selain mode transportasi yang mudah di akses gunung ini juga menawarkan pemandangan yang sangat bagus.

dan Ini hanyalah estimasi perjalanan, usahakan membawa uang lebih/tidak cekak, karna perjalanan setiap orang pasti berbeda-beda dan artikel ini hanya membahas tentang biaya transportasi, jadi untuk biaya logistik dll tidak dijelaskan ya.

Estimasi tidak akan selalu sesuai dengan gambaran perjalanan sesungguhnya, jadi persiapkan semua dengan matang. Kita tidak akan tau apa yang akan terjadi dijalan/dipendakian, tapi jika kita sudah dipersiapkan semua dari awal, semoga semua akan baik-baik saja.


Keep safety. Jaga kebersihan dan bawa turun sampahmu 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda