Estimasi Jalur Pendakian Gunung Salak via Cidahu, Bermain Lumpur di Musim Hujan. - Sweeper Backpacker -->

Monday, April 27, 2020

Estimasi Jalur Pendakian Gunung Salak via Cidahu, Bermain Lumpur di Musim Hujan.

Puncak Salak Manik 1

Puncak Salak Manik 1, 2211 Mdpl
inframe : Noval
Gunung Salak patut anda datangi bila anda sudah pernah ke Gn Gede – Pangrango dan menginginkan pengalaman yang berbeda.

Memang dengan ketinggian 2211 mdpl bukanlah pilihan utama, tetapi Gunung Salak mempunyai sifat khas: basah dan lembab serta sulitnya medan.

Gunung ini terletak di perbatasan Kabupaten Bogor dan Sukabumi. Gunung Salak masuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Salak Halimun.

Cerita Masyarakat

Bagi Masyarakat Jawa Barat Gunung Salak sudah pasti tidak asing di dengar, Gunung ini selalu memiliki kesan pesan sendiri bagi beberapa orang.

Mulai dari Cerita Mistis, Mitos dan Pengalaman-pengalaman saat berkunjung ke Gunung Salak.

Kejadian yang paling di ingat adalah Tragedi jatuhnya Pesawat Sukhoi Superjet 100 yang menewaskan 45 orang di dalam Pesawat. dan kejadian tahun 2007 ketika 6 anak Smp harus meninggal di Gunung Salak

Sebab itu Gunung ini menjadi Gunung yang paling banyak menelan korban jiwa di Jawa Barat.

Terlepas dari hal itu kali ini saya akan membagikan Informasi dan Pengalaman ketika mencoba Mendaki menggunakan jalur Cidahu di Sukabumi. Yuks Simak Ceritanya !

Catatan : 
  • Pengelola taman nasional sudah menandai setiap 100 meter jalur pendakian dengan patok kayu, yakni HM 1 di Bajuri, hingga HM 50 di Puncak Salak.
  • Beberapa jalur bahkan harus melewati trek lumpur yang dalamnya bisa mencapai setengah meter, rawa, dan trek berlumpur licin menanjak.
Mulai Pendakian :

Basecamp Salak via Cidahu

Basecamp adalah tempat terakhir untuk melakukan Administrasi sebelum melakukan pendakian, dan menjadi tempat untuk memparkir motor atau pemberentian trakhir sebelum Pendakian.

Dsini tersedia beberapa Warung yang menjajakan makanan seperti Nasi, Mie, Kopi, Cemilan dan DLL. Terdapat pula Fasilitas Toilet dan Aula untuk istirahat.

Basecamp Gunung Salak via Cidahu
Basecamp menuju Pintu Rimba

Dari Basecamp Menuju Pintu Rimba menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit perjalanan dengan kontur jalan Aspal yang cukup menanjak dan melelahkan.

Pemandangan hanya berupa Pohon Pinus sepanjang jalan. Bila beruntung menuju Pintu Rimba bisa mendapatkan tumpangan dari beberapa kendaraan yang di perbolehkan lewat.

Pintu Rimba

Pintu Rimba sendiri adalah batas vegetasi Aspal dan Hutan, sebenarnya jalan Aspal masih bisa dilajutkan melalui Kawasan Javana Spa,

akan tetapi sudah tidak diperbolehkan melewati jalan tersebut oleh pihak Pengelola dan jadi kalian harus melewati jalan masuk Pintu Rimba untuk menuju Simpang Bajuri.
Pintu Rimba
Pintu Rimba
Inframe : Indra Gunawan
Pintu Rimba ke Simpang Bajuri

Perjalanan menuju Simpang Bajuri menghabiskan waktu kurang lebih 60 menit dengan hutan yang cukup rapat dan licin serta jalur menanjak sedikit berlumpur yang menguras tenaga. 

Sehabis berjalan sedikit kalian akan menemukan jalan berupa jembatan kecil dan pagar Besi disebelah kanan

lalu ambilah jalan lurus melintasi jembatan kecil menuju Simpang Bajuri dengan melewati jalur tanah yang sedikit berlumpur.

Simpang Bajuri

Pos Simpang Bajuri berupa Pos panggung yang cukup besar, dan terdapat Area yang cukup luas untuk membangun tenda serta terdapat dua mata air dari satu aliran sungai yang dapat di minum.

Pos Simpang Bajuri juga salah satu tempat persimpangan antara menuju Puncak Salak Manik 1 dan Kawasan Wisata Kawah Ratu Gunung Salak.

karna kita akan menuju Puncak Manik 1, Kita akan menuju jalan yang agak berbelok ke kanan melewati sungai lalu lanjut ke jalur Pendakian.

Simpang Bajuri
Simpang Bajuri
Simpang Bajuri ke Pos Bayangan HM 35

Menuju Pos Bayangan menghabiskan waktu yang lumayan lama, kurang lebih 5 jam perjalanan dan sangat menguras tenaga.

bermain lumpur dan berpegangan di akar menjadi teman setia Perjalanan. Sesekali terdapat Tanjakan terjal yang harus di lalui menggunakan tali seadanya.

  • Di antara HM 15 sampai 25 terdapat jalur berupa Rawa seperti kubangan lumpur,
  • di Musim Hujan melewati jalur ini harus ekstra hati hati karna hanya tersedia Batang Pohon tumbang sebagai alas untuk melanjutkan Jalur Pendakian.

Trekking Pendakian
Trekking Pendakian
Trek Berlumpur
Trek Berlumpur
Inframe : Indra & Deni
Wajib kotor
Wajib kotor

di Jalur menuju Pos Bayangan memakan tenaga yang cukup banyak, mulai dari Tanjakan Terjal, Tanjakan Licin, dan Akar yang selalu terselimut Lumpur di sepanjang jalan.

Di jalur ini tindakan menghindari Lumpur sepertinya adalah niat yang sia sia dan pulang dengan pakaian penuh Tanah rasanya menjadi hal wajar.

Namun tidak sampai di situ, di antaran Hm 30 sampai 34 terdapat jalur yang berada persis di pinggir Jurang, jadi kalian harus hati-hati.

Jika cuaca cerah jalur ini lumayan untuk menyaksikan sedikit bukit menjuang dan lautan awan di sebelah kiri jalan, Tetapi tetap ekstra hati hati saat memilih pijakan untuk melanjutkan Perjalanan sampai pada Pos Bayangan.

Pos Bayangan

Pos Bayangan terletak diantara Hm 35 sampai Hm 40, Pos ini berupa Area yang tidak terlalu luas  dan hanya dapat menampung 5 sampai 8 tenda saja. 

Sepertinya beberapa pendaki juga saya temukan ada yang sedang membuka tenda dan Bermalam di sini.

Pos Bayangan menuju Puncak Manik 1

Menuju Puncak Salak 1 menghabiskan waktu 90 sampai 120 menit tergantung kecepatan Pendakian.

vegetasi masih sedikit tertutup dan seperti jalur sebelumnya, Terjal dan Lumpur yang setia menemani Pendakian.

Tebing Terjal menuju Puncak
Tebing menuju Puncak Manik 1

Noted : Beberapa saat berjalan Pendaki akan dihadapkan dengan Tebing tinggi dengan kemiringan sekitar 70-80*drajat.

berbekal beberapa tali yang sudah di sediakan seadanya, Pendaki harus melewati Tebing demi Tebing tersebut menggunakan hingga melanjutkan Perjalanan.

dan nantinya perjalanan dilanjutkan dengan Vegetasi yang mulai sedikit terbuka hingga sampai di Puncak Salak Manik 1

Puncak Salak Manik 1

Setelah melewati Tanjakan demi Lumpur...eh Tanjakan, akhirnya kita bisa sampai di Puncak Salak Manik 1.

Di puncak terdapat lahan yang cukup luas, cukup hingga 15 tenda lah kira-kira, dan juga Terdapat Makam/Petilasan mbah Salak(entahlah saya kurang tahu juga)
  • Puncak Salak termasuk Puncak yang masih rimbun dengan semak semak tinggi serta pohon besar
  • untuk membuka tenda ada Area yang cukup luas, mungkin ini dulunya bekas dijadikan landasan Helipad waktu Evakuasi korban Sokhoi.
  • Di samping Makam/Petilasan juga tersedia bangunan berupa Brakseng kecil yang biasanya dijadikan tempat istirahat para Pendaki atau Penziarah.
Makam Mbah Salak
Makam Mbah Salak

Puncak Salak Manik 1 hanya Bertandakan papan seng yang berdiri tegak di tengah dan menjadi salah satu Spot foto yang wajib untuk mengabadikan Perjalanan menuju ke sini. 

Noted:
  • Jika Cuaca bersahabat biasanya saat pagi Hari adalah moment terbaik untuk menyaksikan Matahari Terbit,
  • Cuaca di Puncak Salak sangat sulit untuk di prediksi, hanya Kabut, Hujan dan Angin yang biasanya kalian di temui, jadi jangan heran ya kwkw.
  • suhu di Puncak Gunung Salak ini tidak terlalu parah banget kok, menurut beberapa orang sih tidak lebih dari dinginnya Gunung Gede.
Puncak Salak Manik 1
Puncak Salak Manik 1

Jadi ya Gunung Salak ini memang tidak seindah Gunung Semeru atau Rinjani, Bahkan tidak seramai Gunung Gede, juga Gunung ini memang agak sepi.

Tetapi di balik itu semua Salak mempunyai kesan dan kisah tersendiri bagi setiap Pendaki yang pernah Bercengkrama dengannya,

Suasana alam tropis khas salak yang tidak bisa dibagi dengan gunung-gunung lain menjadikan beberapa Pendaki selalu ingin kembali dan kembali kesana.

Moment Camp di Puncak Salak
Moment Camp di Puncak Salak

Turun dari Pucak Salak :

Turun sesudah Pendakian memang biasanya lebih cepat ketibang memulai Pendakian,

tetapi menuruni Gunung dengan kemiringan yang Curam dan Licin harus Fokus dan menjaga ke hati hatian agar kita tidak mangalami Hal hal yang tidak di inginkan hingga sampai kembali ke Rumah dengan selamat.

Waktu Turun :

Turun dari puncak biasanya hanya memerlukan waktu 5 sampai 6 jam saja, tetapi tetap tergantung pada kecepatan team kalian.

RINCIAN PENDAKIAN GUNUNG SALAK via CIDAHU :

Basecamp Pintu Rimba 30 Menit
Pintu Rimba Simpang Bajuri 1 Jam
Simpang Bajuri Pos Bayangan5 Jam
Pos Bayangan Puncak Manik 12 Jam
  • Total Estimasi Pendakian 8 Jam 30 Menit
  • Perjalanan Turun 5 ‐ 6 Jam Perjalanan
NB: Estimasi waktu pendakian tergantung pada kondisi fisik, kondisi mental, jumlah rombongan, kondisi cuaca, berapa lama berhenti untuk selfie & banyaknya waktu istirahat untuk sebat

Tips Pendakian Gunung Salak via Cidahu :
  • Jalur gunung Salak terdapat tiga pintu masuk : Pasir Rengit, Cimelati, dan Cidahu.
  • Jalur yang umum digunakan pendaki adalah Cidahu
  • Gunung ini pendek tapi jalurnya sangat ekstrim dan sangat panjang, siapin fisik dan mental dengan prima
  • Sumber air terkahir kalo musim kemarau cuma ada di pertigaan Bajuri, biasanya di makam kering atau dekat brakseng ada sumber airnya(tetapi biasanya keruh)
  • Ikuti petunjuk HM yang ada. HM itu menandakan jarak per-100 meter. PHP parah ketika kalian uda jalan cukup lama, tapi baru naik 1 HM.
  • Sebaiknya jangan mendaki di malam hari, Mendaki malam hari tidak recomended di salak. Selain trek yang ekstrim, mistisnya kuat haha
  • Waktu ideal mendaki itu sekitar pagi hari
  • Wajib menggunakan sepatu
  • Bawa Pengaman tambahan seperti tali webing untuk meminimalisir resiko Pendakian
  • Jika tidak sampai Camp di Puncak sebaiknya membuka tenda di Pos Bayangan
  • Membawa Trekking Pole atau tongkat untuk mengetahui Lumpur yang dalam/Lumpur Ranjau
Nah Sekian Informasi dan Estimasi serta Tambahan Tips untuk Pendakian Gunung Salak ya via Cidahu, Transportasi dan Biaya akan di Update dengan Artikel yang berbeda.

Menurut saya sendiri Pendakian Gunung Salak memiliki kategori yang cukup sulit, sangat dibutuhkan Mental dan Kondisi Fisik yang Prima

Jika kamu belum pernah mendaki gunung salak, lebih baik ajak teman/orang yang sudah pernah ke sana, kalaupun tidak ada usahakan semua anggota dalam kondisi yang baik.
Baca Juga :

Manage dan Persiapkan semua hal sedini mungkin dan sebaik mungkin, kita tidak akan tahu apa yang terjadi di dalam Perjalanan,

Tetapi jika kalian sudah mempersiapkan semua dengan baik, Niscaya semua akan baik-baik saja. Keep safty, keep cleaning , and take back u trash my friends


Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di Komentar ya

Semoga bermanfaat dan jangan Lupa share ya


Terima Kasih Sudah Membaca....

Bagikan artikel ini

1 comment