Estimasi Pendakian Gunung Salak via Cimelati. Catatan, Informasi dan Tips - Sweeper Backpacker -->

Monday, May 4, 2020

Estimasi Pendakian Gunung Salak via Cimelati. Catatan, Informasi dan Tips

Jalur Gunung Salak via Cimelati
Jalur Gunung Salak
Gunung Salak adalah salah satu Gunung yang Terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Gunung ini hanya berjarak sekitar 60 kilometer dari Ibukota Jakarta. Saat musim kemarau biasaya banyak Pendaki yang menjajal Gunung ini entah karna penasaran ataupun memang ingin menjajal Fisik dan Mental.

Jika dibandingkan dengan tetangganya Gunung Gede Pangerango, Gunung Salak memang kalah tinggi dari kedua Gunung itu, tetapi dari banyak pendaki yang sudah menjajal kedua Gunung itu tentu Salak lah yang tergolong lebih terjal dan extrim. Salak memiliki ketinggian 2211 Mdpl, meskipun tergolong lebih pendek dari Gunung gunung lainnya namun banyak pendaki yang menjadikan Gunung ini favorite pendakian.


Cimelati adalah salah satu desa di Sukabumi, dahulu jalur ini hanya digunakan oleh orang orang penziarah yang datang ke Gunung Salak, namun berkembangnya informasi banyak pendaki pendaki yang penasaran menggunakan jalur Cimelati ini untuk pendakian ataupun sekedar tektok dan akhirnya pada akhir 2019 jalur ini di Resmikan oleh pihak pengelola Area Konservasi Gunung Halimun Salak.


Total jalur yang di Resmikan untuk pendakian Gunung Salak menjadi 3 jalur (Pasir Reungit, Cidahu, Cimelati) dan diantara jalur jalur lainnya, jalur Cimelati lah yang paling cepat untuk sampai menuju Puncak Salak Manik 1 atau Puncak tertinggi Gunung Salak.


Berikut Estimasi Pendakian Gunung Salak via Cimelati : Baca sampai Selesai !


Pos Parkiran menuju Basecamp : 30 Menit


Basecamp - Pos 1 : 60 Menit.


Pos 1 - Pos 2 : 60 Menit


Pos 2 - Pos 3 : 120 Menit


Pos 3 - Pos 4 : 90 Menit


Pos 4 - Pos 5 : 90 Menit


Pos 5 - Pos 6 : 60 Menit


Pos 6 - Puncak Salak 1 : 60 Menit


Estimasi Total : 9 Jam 30 Menit hingga sampai di Puncak Gunung Salak via Cimelati.


Catatan : Informasi disingkat karena menurut saya Jalur Pendakian Gunung Salak via Cimelati antara Pos ke Pos tidak memiliki jalur medan yang tidak jauh berbeda, tetapi saya sudah merangkumnya dengan jelas di bawah


  1. Pos Parkiran menuju Basecamp pertama melewati jalan aspal setapak berwarna putih, lebar jalan hanya sekitar 1 meter. jalurnya sangat jelas.
  2. Pos 1 sampai Pos 3 jalur masih tergolong standar dengan kemiringan yang tidak terlalu curam, kontur jalan hanya berupa tanah dan akar akar Pohon.
  3. Pos 3 terdapat mata air, biasanya pendaki yang menghabiskan 2 malam membuka tenda di sini pada hari pertama, ini satu satunya mata air di jalur Cimelati.
  4. Pos 3 menuju Pos 4 jalur sudah sangat terjal dan banyak menguras tenaga, dari Pos 3 ke Pos 4 adalah perjalanan lumayan panjang diantara Pos Pos lainnya, kontur jalan masih mendominasi tanah dan akar akar pohon, sesekali terdapat bebatuan.
  5. Pos 4 sampai Pos 6 jalan masih sangat terjal, sehabis pos 3 memang sudah tidak ada jalan landai. sesekali harus menggunakan tali untuk melewati jalur jalur menuju pos 5 dan 6, kontur jalan mendominasi akar akan besar.
  6. Pos 6 menuju ke Puncak Salak awal perjalana masih sama, tetapi jalur sebelum puncak sudah terdapat jalur jalur landai walaupun sesekali tetap terjal, namun vegetasi mulai terbuka.
Informasi :Jalur Gunung Salak via Cimelati di dominasi oleh tanah, akar akar pohon dan sedikit bebatuan. 

  1. Vegetasi alam sangat rimbun oleh pepohonan.
  2. Banyak Trek yang sangat terjal.
  3. Trek tergolong jelas. Jika musim hujan jalur akan sangat licin.
  4. Tidak tersedia Shelter di jaluar Pendakian
  5. Setiap Pos hanya di tandai plang kecil yang di tempel di Pohon-pohon.
  6. Pos 1,2 dan 3 memiliki lahan yang cukup luas untuk beberapa tenda.
  7. Pos 4 hanya manampung 2 Tenda saja.
  8. Pos 5 tidak jauh dengan Pos 4 yaitu 2-3 tenda.
  9. Pos 6 sekitar 3-4 tenda.
  10. Puncak Salak cukup luas, bisa menampung 10-15 tenda.
  11. di Puncak terdapat Makam mbak Salak.

Tips Pendakian : berikut tips tips mendaki via jalur Cimelati

  1. Waktu ideal pendakian adalah jam 07:00-10:00 pagi
  2. Jalur tidak direkomendasikan Malam hari, terlebih jika hujan. 
  3. Hati-hati memilih pijakan dalam pendakian, jalur tergolong licin dan sedikit becek.
  4. Jika sudah menjelang maghrib baiknya membuka tenda darurat di salah satu Pos, karna area sangat terbatas jika di lanjutkan.
  5. Gunakan sepatu safety, jalur sulit jika memakai sandal.
  6. Bawa persediaan air yang cukup, karna kalau kurang harus turun ke Pos 3.
  7. Camp ideal di Pos 3 dan di Puncak Salak.
  8. Cuaca di Gunung Salak sulit di prediksi, jadi bawa jas hujan dan baju cadangan ganti.
Puncak Gunung Salak 1
Puncak Gunung Salak 1
doc by : sb
Nah itulah Estimasi Pendakian Gunung Salak via Cimelati Sukabumi, Jawa Barat. Perlu diketahui bahwa estimasi waktu mendaki berbeda berbeda setiap orang, Estimasi ini diambil dari Pendakian menggunakan ritme santuy waktu pendakian.

NB: Estimasi waktu pendakian tergantung pada kondisi fisik, kondisi mental, jumlah rombongan, kondisi cuaca, berapa lama berhenti untuk selfie & banyaknya waktu istirahat untuk sebat. keep safety dan bawa turun sampahmu.


Semoga Bermanfaat, Terima Kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda