11 Hal yang di Hindari saat melakukan Pendakian Gunung ! - Sweeper Backpacker -->

Monday, June 29, 2020

11 Hal yang di Hindari saat melakukan Pendakian Gunung !

Bunga Edelweis

Di jaman modern seperti sekarang, Pendakian menjadi salah satu olahraga Oudoor yang paling digemari oleh beberapa orang mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang-orang dewasa.
berjalannya perkembangan jaman, biasanya setiap kawasan pendakian di jaga ketat oleh petugas-petugas yang menjaga pintu masuk pendakian guna mencegah hal-hal yang tidak di inginkan dan memberi arahan-arahan persyaratan pendakian.

berbeda dengan jaman sekarang, pendakian di jaman dahulu biasanya tidak diarahi oleh aturan-aturan yang cukup jelas, sebab itu, jaman dahulu hanya orang-orang tertentu saja yang biasanya bisa melakukan kegiatan mendaki atau komunitas-komunitas di bidang pecinta Alam.

berkembangnya jaman, informasi dan teknologi sekarang menjadikan pendakian adalah hal favorite bagi sebagian orang. oleh sebab itu banyak kode etik yang harus di patuhi ketika kita mendaki Gunung.

Berikut adalah hal-hal yang wajib dipatuhi saat mendaki Gunung :

1. Mendaki tanpa daftar atau izin petugas penjaga kawasan.
Simaksi Gunung

Izin mendaki atau biasa di sebut Simaksi adalah hal wajib di isi oleh seseorang sebelum melalukan pendakian, biasanya setiap pintu masuk di jaga oleh petugas-petugas yang mencatat daftar-daftar pendakian. Jika kita memaksa masuk tanpa izin atau menghidari petugas-petugas yang menjaga, tindakan ini akan membuatmu celaka lantaran tidak mengetahui kondisin terkini dan medan pendakian Gunung yang akan di lalui. jadi patuhi aturan-aturan yang di buat oleh penglola ya.

2. Melakukan eksplorasi saat melakukan Pendakian.
Eksplorasi Gunung
Sumber : Google

Melakukan Eksplorasi pendakian atau membuat jalur baru menuju puncak bukanlah ide yang tepat. tidakan ini sangat beresiko tersesat atau menyesatkan dan memiliki potensi bahaya yang sangat tinggi, bukan cuma kamu, pengunjung lain yang memilih jalur yang kamu buat pun beresiko tersesat juga. jadi jangan coba-coba ya.

3. Memaksakan diri tetap berjalan saat kelelahan.
Perjalanan Pendakian
Trekking
Saat melakukan pendakian, lelah adalah hal wajib yang dirasakan oleh pendaki, saat berjalan dan tubuhmu sudah mulai kelelahan jangan coba memaksakan, jika tetap memaksakan, keputusan itu rasanya tentu sangat tidak bijak. Instirahat lah sejenak untuk memulihkan energi mu.

4. Mencoret- coret fasilitas publik saat pendakian.
Vandalisme Gunung
Contoh : Vandalisme Gunung

Mencoret-coret atau biasanya di sebut Vandalisme adalah termasuk hal kriminal, meski terlihat sepele dan menyenangkan tetapi tindakan itu sangat merusak dan mengotori lingkungan. beritikad baiklah dan jangan merusak apapun.

5. Membuat api unggun.
Api Unggun Gunung
Api unggun

Membuat api unggun mungkin sangat seru, apalagi saat hawa dingin. Tetapi jangan coba lakukan jika tidak dalam kondisi terdesak, karena sangat beresiko menyebabkan kebakaran hutan.

6. Mendirikan tenda di sembarang tempat.
Mendirikan Tenda Gunung
Mendirikan tenda dijalan

Mendirikan tenda di sembarangan tempat sangat mengganggu mobilitas pengunjung lain, pastikan lokasi yang kamu pilih memang benar-benar untuk membuka tenda atau berkemah. Tetapi jika kondisi sangat mendesak dan ataupun hari sudah gelap dan tidak mungkin melanjutkan perjalanan carilah tempat yang cukup luas di pinggir jalur pendakian untuk membuka tenda.

7. Merusak tumbuhan atau mencabut bunga (Bunga edelweis)
Bunga Edelweis
Bunga Edelweis

Mencabut tanaman atau bunga termasuk tindakan kriminal, yang paling sering didapati adalah mencabut bunga abadi atau bunga edelweis. Perbuatan ini biasanya akan mendapat sanksi tegas karna termasuk kegiatan merusak alam.

8. Jangan membuang sampah sembarangan.
sampah gunung
Sampah di Gunung

Point penting adalah jangan membuang sampahmu senaknyaa, bawa lah turun sampahmu, jadilah pendaki yang bertanggung jawab, jadilah pendaki yang tahu diri, karna gunung adalah rumah, bukan tempat sampah. Jaga dan lestarikan Hutan pertiwi ini. Dimanapun kita berada memang sudah sewajibnya membuang sampah pada tempatnya.

9. Istirahat/Berhenti jangan ditengah jalur Pendakian.
istirahat di jalur pendakian
Sumber : afif

Jika kita sedang melakukan pendakian, saat sudah lelah dan harus beristirahat, carilah tempat untuk bersandar di pinggir jalur pendakian, jangan istirahat di tengah jalan atau menggangu jalan pendaki lain yang ingin melintas, usahakan cari tenpat cukup luas untuk meluruskan kaki dan membuka minuman.

10. Jangan merokok di jalur pendakian saat banyak pendaki dibelakang.
asap rokok di pendakian
asap

Bagi pendaki yang merokok, usahakan jika ingin berjalan sambil merokok berposisi paling belakang, karna jika didepan atau pertengahan asapnya akan menggangu pendaki lain yang ada di belakang kalian. Kebayang kan lagi cape cape ditampol asep rokok dari depan.

11. Jangan berisik saat berkemah atau sudah waktu tidur malam.
tenda gunung
tenda
Saat sudah membuka tenda di area camp dan waktu sudah diatas jam 10 malam jangan terlalu berisik jika kalian ingin bergadang atau bermain game di tenda, karna dapat menggangu tenda-tenda disebelah kalian yang ingin atau sedang beristirahat karna lelahnya perjalanan, Hormati orang lain.

Nah itulah beberapa kode etik saat melakukan pendakian, jadi sewajibnya kita saat melakukan pendakian diusahakan mentaati etika etika saat berapa di gunung yah, agar sama sama menjaga dan membuat suasana senyaman mungkin serta menghindari resiko-resiko yang tidak di inginkan saat diperjalanan.

Kalau ada yang mau nambahin bisa tulis di bawah kolom komentar yah !😋

Semoga Bermanfaat dan Terimakasih...😊

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda