10 Tips cara memilih jaket Gunung Sebelum membeli, Wajib tau ! - Sweeper Backpacker -->

Sunday, January 31, 2021

10 Tips cara memilih jaket Gunung Sebelum membeli, Wajib tau !

TIPS MEMILIH JAKET GUNUNG

Haloo sobat, bagaimana kabarnya? Semoga selalu baik dan selalu dalam lindungan Tuhan ya...

Kali ini mimin mau coba berbagi tips nih, Bagaimana memilih jaket Outdoor yang cocok untuk keperluan sobat bergelud dalam dunia pendakian, karna diera sekarang jaket termasuk kategori utama ya.

Kenapa? karna jika kita sudah memasuki kawasan Perbukitan atau Pegunungan kita akan berpijak di dataran yang lebih tinggi, biasanya dataran yang lebih tinggi memiliki suhu yang lebih rendah terlebih jika malam hari, Jadi fungsi utama jaket adalah melindungi kita dari suhu extrim, hembusan angin, serta menjaga kehangatan tubuh sobat ya.


Berikut Tips-tips nya :

1. UKURAN

Tips memilih ukuran jaket Gunung

Ini adalah pemilihan dasar jangan sampai ketika kita sudah beli, kita salah dalam ukuran, untuk jaket Gunung baik-nya agak sedikit lebih longgar dari badan kita, jika kita biasa memakai size M, Untuk jaket gunung sobat direkomendasikan untuk membeli dengan size L(jangan kegedean banget, dipake dan di liatnya juga gaenak nnti).

Kenapa? ini untuk menjaga sirkulasi udara panas dari dalam tubuh kita, karna jaket yang terlalu pas akan berantakan mengatur panas tubuh yang keluar, serta kurang nyaman untuk bergerak dan lebih cepat gerah saat siang hari.

2. BAHAN

Di bagian kedua itu liat bahan nya, ada banyak sekali bahan yang di sajikan perusaan-perusaan Outdoor. tetapi rata-rata menggunakan sistem mix, Jadi tidak hanya 1 bahan yang digunakan, Bisa 2 atau 3 lapis dalam 1 jaket. Berikut rekomendasi bahan yang di gunakan :

-Polar

Bahan polar untuk jaket gunung
Bahan Polar

Jaket Gunung Berbahan Polar
Jaket Gunung Berbahan Polar

Polar adalah bahan yang biasanya menjadi dasar di dalam jaket, bahan ini cukup baik untuk menjaga suhu tubuh ketika berada di suhu dingin. 

Tetapi polar sangat mudah gerah ketika dipakai di siang hari dan juga jika basah membutuhkan waktu yang lama untuk kering, sebab itu biasanya akan di mix lapisan luar yang waterproof. kisaran harga jaket berbahan polar tergolong terjangkau ya.

-Bulu Angsa

Bahan Bulu angsa jaket gunung
Bulu Angsa
Jaket Gunung bahan Bulu angsa
Jaket Gunung berbahan Bulu Angsa

Seperti namanya, Jaket ini dominan terbuat dari Bulu Angsa, biasanya jaket gunung dari bulu angsa memiliki 3 lapisan, lapisan dalam berupa thermal yang akan menjaga suhu panas, lapisan tengah di isi oleh bulu angsa agar memberikan kehangatan isolasi yang sangat baik dan lapisan luar yang pasti waterproof seperti Poliamida nylon atau Polyester.

Namun rata-rata jaket berbahan bulu angsa memiliki harga yang cukup tinggi, jaket ini juga biasa di sebut down jaket.

-Dacron

Bahan Dacron untuk jaket gunung
Dacron
Jaket gunung bahan dacron
Jaket Gunung berbahan Dacron

Dacron adalah serat tekstil, bahan ini berupa seperti busa putih, biasanya di gunakan untuk lapisan tengah jaket gunung yang berfungsi untuk memberikan kehangatan ke dalam jaket.

Jaket berbahan Dacron juga biasanya dilapisi bagian luar menggunakan Polyester waterproof. harga berbahan ini tergolong standart, namun beda cerita kalo di mix dengan bahan lain


3. WATERPROOF Dan WINDWATER

Nah untuk point ke tiga juga sangat penting untuk memilih jaket Gunung, Usahakan memilih jaket gunung yang kedap terdahap air, Karna tahan terdahap air sudah pasti tahan terhadap angin, tetapi jika hanya tahan terhadap angin belum tentu tahan terhadap air. 

Nah biasanya untuk menahan air menggunakan bahan Fiber sintetis seperti, Nylon, Polyester atau Gore-tex untuk bagian luar jaket.

Ketahanan terhadap air dibagi menjadi 3 yaitu :

- Water-resistant. 

water resistant pada jaket Gunung

Bahan water-resistant merupakan jenis kain dengan kekuatan menolak air paling rendah. Kain ini dapat bertindak sebagai penghalang agar Anda tidak terkena percikan air atau hujan rintik.

- Water-repellent.

water repellent pada jaket Gunung

Bahan water-repellent yang tentu lebih baik dari water-resistant memiliki sifat hydrophobic. Hydrophobic inilah yang membuat air tidak mudah masuk ke sela kain. 

Jaket dengan water-repellent akan melindungi Anda dari hujan. Untuk di wilayah indonesia mungkin water-repellent ini cukup.

-Waterproof. 

water proof pada jaket Gunung

Waterproof adalah jenis yang pertahanan terhadap airnya paling kuat. Hal ini disebabkan bahan waterproof akan tetap kedap air meski terpapar air yang cukup deras.

Meski begitu, kemampuan tiap jacket untuk tetap kering meski terpapar air cukup beragam. Karena itu, Anda perlu memastikannya terlebih dahulu ketika memilih jaket ya.


4. JAHITAN

Jahitan Jaket Gunung

Tidak kalah penting dari beberapa point di atas, Jahitan menjadi hal yang cukup krusial sobat, bayangin aja jaket waterproof bulu angsa jaitan nya bocor karna kurang rapi, itu bakal bener2 ngurangin performa jaket bulu angsa, karna ketika bagian dalam nya basah jaket itu kekurangan daya hangat nya.

Atau jaitan bocor ke dalam bahan polar dasar, nanti malah lama kering kan. Jadi usahakan memilih jaket dengan sedikit variasi warna, untuk menghidari jaitan yang terlalu banyak.


5. KUPLUK / HOODY

Hoody/Kupluk

Kupluk atau Hoody ini termasuk hal penting, karena untuk melindungi kepala dari hembusan angin ataupun melindungi rambut dari hujan, bisa juga untuk menangkal panas langsung dari matahari serta menjadi tambahan penghangat saat tidur loh sobat jancuk mimin, jadi usahakan cari yang ada kupluk nya yaa...


6. PEREKAT PERGELANGAN TANGAN DAN PINGGANG

karet tangan pada jaket gunung

Terlihat simple sih, tapi ya dibutuhkan juga, perekat ini biasanya berbentuk seperti karet bahan yang ada di ujung tangan jaket.

Fungsinya untuk menahan angin atau air agar tidak masuk kedalam jaket saat cuaca extrim. Cari juga yang ada di bagian bawah jaket ya perekatnya untuk menahan suhu tubuh agar tidak terbuang saat suhu dingin.


7. SAKU / KANTONG

Pilihlah jaket hanya dengan beberapa saku ya, kalo bisa yang hanya 2 atau 3 saku, Biasanya berada di kanan kiri bagian bawah saja untuk menyelipkan tangan saat dingin dan 1 lagi berada di dalam jaket. Karna jika terlalu banyak akan memakan jaitan tambahan, resiko bocor saat hutan semakin tinggi nanti.


8. LOGO

Logo jaket gunung

Usahakan memilih logo yang di Sablon ya bukan di Bordir, karna jika di bordir memungkinkan terjadi kebocoran terhadap jaket itu sendiri gan. Oleh sebab itu down jaket biasanya tidak memiliki logo luar melainkan hanya logo di dalam.


9. WARNA

Warna jaket Gunung

Warna sebenarnya lebih menarik dengan sesuai selera yah, tetapi dalam ilmu survival diwajibkan menggunakan warna yang lebih terang. Kenapa?

karna ketika kita tersesat dan kita memakai jaket berwarna cerah memungkinkan kita lebih mudah terlihat dari tim pencari. Jadi usahakan memilih warna sedikit cerah ya, jangan nyaru sama warna daun atau bebatuan.


10. PERAWATAN

Perawatan jaket Gunung

Untuk perawatan jaket-jaket gunung memiliki tingkat sensitif yang berbeda-beda sobat, biasanya jaket gunung tidak dibolehkan untuk diguling pakai mesin cuci otomatis, memakai detergen, memakai pemutih, tidak juga dikucek kasar dan diperas, serta beberapa tidak baik dijemur terkena matahari secara langsung.

Nah cara mencucinya biasanya hanya direndam memakai rinso cair atau sampo dan dibersirkan noda-noda secara halus atau menggunakan sikat gigi bekas. Karna jika tidak seperti itu bakal mengurangi performa jaket itu sendiri, termasuk mengurangi ketahanan pada waterproofnya. selebihnya baca pada keterangan tag jaketnya saja ya.


Selesai...

Barang dengan standart indonesia dan terjangkau biasanya berbahan dalam polar dengan lapisan Gore-tex pada luarnya, tetapi untuk yang tidak terlalu kuat pada suhu dingin bisa menggunakan jaket berbahan Bulu Angsa.

Nah itulah beberapa Tips mengenai cara pemilihan untuk jaket gunung ya sobat. pilihlah yang memang berbahan recomended dan mempunyai ketahanan lama ya.

Kalau ragu dan bingung, Bisa tanya-tanya teman yang lebih berpengalaman atau bisa tanya sama mimin agar diberikan saran sesuai budget ya sobat.

Baca Juga

Semoga Bermanfaat, Terima Kasih dan jangan lupa share yaa.....😂😂

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda